Ruang Inspirasi

Blogger Pemula Punya Mimpi, Lakukan Perencanaan yuk!

28 comments
Setiap manusia yang hidup dan berpikir, pastilah memiliki mimpi atau impian. Begitu pula bagi mereka yang memilih menjadi blogger pemula. Ada alasan tersendiri kenapa orang memilih menjadi blogger pemula kemudian memiliki mimpi dari pemula harus meningkatkan lagi ilmu tentang blognya. Oleh karenanya melakukan perencanaan juga perlu bagi seorang blogger demi keberlangsungan kehidupan blognya.

blogger pemula punya mimpi

Menjadi Blogger Pemula

Sebagai seorang blogger pemula pasti merasakan berada di tahap meraba-raba apa yang harus dilakukan setelah mambuat blog tetapi jangan sampai minder, ya!. Awal saya membuat blog pun hanya sebatas tempat untuk menulis. Hingga akhirnya takdir membawa saya bertemu dengan sebuah komunitas yang mengenalkan lebih banyak tentang dunia blog termasuk mendapatkan cuan dari blog.

tips menjadi blogger pemula

Berkaca dari pengalaman yang dilalui, saya ingin sedikit berbagi tentang pengalaman di dunia blog yang masih seumur jagung ini. Ada beberapa tips yang mungkin bisa diikuti sebagai seorang blogger pemula ala saya, yakni sebagai berikut:
  • Menentukan tujuan ngeblog 
  • Mengenal fitur yang ada pada blog
  • Menentukan niche blog (Apa yang ingin diisi di dalam blog tersebut. Apakah tentang makanan, elektronik, fashion, kesehatan, gado-gado dan lain sebagainya.)
  • Membuat Blog unik dan menarik
  • Membuat konten yang bagus
  • Membagikan ke sosial media
  • Gabung dengan komunitas blog
Setelah melakukan beberapa tips di atas dan semakin banyak info juga ilmu yang didapat, bolehlah kemudian melakukan perencanaan sebagai blogger pemula yang punya mimpi. Perencanaan tersebut dinamakan blog plan.

blog plan weekly blogger pemula

Membuat Blog Plan Blogger Pemula

Langkah selanjutnya supaya blog tetap hidup adalah membuat blog plan. Sejatinya pembuatan blog plan tidak hanya diperuntukkan untuk blogger pemula, tetapi juga untuk blogger yang sudah lama terjun dalam dunia blog atau blogger pemula yang ingin sukses dalam dunia blog.

Membuat blog plan sendiri mungkin tidak berlaku untuk semua blogger. Namun, pembuatan blog plan sendiri memiliki tujuan untuk tetap menjaga para blogger tetap on the track seperti tujuan awal para blogger membuat blog. Terlebih jika kita memiliki impian untuk menjadi blogger pemula yang sukses. Dalam menuju kesuksesan dunia blog tentu saja harus merencanakan postingan-postingan yang sebaik-baiknya.

Biasanya, blogger pemula membuat kesalahan pada penamaan label (saya pun mengalami hal ini). Setiap kali posting menginput label yang berbeda. Akhirnya banyak label yang memenuhi tampilan blog. Nah, dengan adanya blog plan ini setidaknya dapat meminimalisir hal demikian. Sehingga label yang ada pun lebih rapih.

Banyak manfaat yang didapat ketika membuat blog plan, apalagi untuk blogger pemula. Diantaranya adalah sebagai berikut
  1. Membantu agar dapat teratur dan konsisten posting
  2. Dapat merencanakan konten yang seimbang (berlaku untuk yang niche-nya gado-gado atau campuran)
  3. Pada waktu tertentu bisa jadi Konten milik kita sudah ditunggu pembaca
  4. Bisa mencatat hari-hari spesial untuk dijadikan konten
  5. Dengan adanya blog plan, kita bisa memilih ide yang terbaik yang dimiliki
  6. Alasan buntu ide, oh no! Jika sudah mempersiapkan blog plan
  7. Menghemat waktu
Itulah manfaat yang didapat saat membuat blog plan, tentu saja bisa dikembangkan lagi dan mendapatkan manfaat lebih banyak.

Dalam pembuatan blog plan, dapat dibuat dengan mengelompokkan sesuai waktu yakni jangka pendek, menengah, dan panjang. Atau bisa membuat secara mingguan, bulanan dan tahunan. Media pembuatannya pun bisa menyesuaikan dengan kenyamanan blogger itu sendiri. Mau membuatnya secara manual, printable/freebies, dan digital.

Diskusi Yuk!, Dalam Menentukan Blog Plan

Ini adalah salah satu keuntungan jika kita mengikuti komunitas atau event blog, yaitu diskusi. Seperti halnya di kelas BRT yang sedang saya ikuti ini, membuat plan pun bisa berdiskusi atau sharing dengan teman yang lainnya. Seru, bukan?

Membuat blog plan seperti sekarang adalah hal pertama yang baru saya lakukan dipenghujung tahun 2021 ini. Saya kira waktu yang tepat untuk merencanakan blog plan. Dalam menyusun blog plan saya berdiskusi dengan beberapa teman dalam kelompok kecil kelas BRT Network.

Seringkali saya berdiskusi dengan Mbak Zulmi. Mbak yang satu ini selalu cepat tanggap dalam merespon di grup. Setelah Mbak Zulmi teman yang gercep yang lain adalah Mbak Zakia. Terima kasih ya, sudah banyak membantu saat saya ada kesulitan. Senang rasanya saat di grup ada yang merespon cepat.

Anggota lain dari grup, ada Mbak Lintang, Mbak Dian juga Mbak Yuni. Ketiga Mbak ini muncul sesekali saja. Terutama saat-saat waktu dead line mepet. Tetapi meski demikian, kami semua tetap melangsungkan diskusi dan saling berbagi dalam pembuatan blog plan, dan blog plan mereka keceh badai semuanya.

Blog Plan 2022 ruangkisah.my.id

Di tahun depan yang hanya tinggal menghitung hari ini, harapannya blog ruang kisah mengalami perubahan yang lebih baik. Sehingga saya pun membuat mimpi yang terangkum dalam bentuk gambar. Saya bagikan gambar ini di postingan ini adalah sebagai reminder jika suatu saat stuck menulis. Atau tujuan ngeblog tidak sama lagi dengan tujuan awal ngeblog.
blog plan tahunan ruang kisah

Mohon doanya, ya, teman-teman pembaca blog setiaku. Semoga perencanaan ini terealisasi sesuai dengan goalsyang dimimpikan. Aamiin.

So, bagi para blogger pemula yang punya mimpi, lakukan perencanaan dari sekarang, yuk!. Melejit bersama, tumbuh bersama. Tetap semangattt!!!

Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

28 comments

  1. Nah kalo aku mba, udah sekian tahun pun masih aroma pemula yang banyak salahnya mba. Tapi aku coba kuatin tekad buat nulis yang rutin sambil perlahan belajar menemukan solusi dari kesalahan saat aku nulis di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mbak.. udah rutin.. semangat selalu...

      Delete
  2. Senang ya sekarang ada banyak kelas blog, apalagi yang ini gratis.. kalau saya nggak sibuk pingin juga ikutan... semoga blogger sekarang lebih maju dan berkualitas

    ReplyDelete
  3. Lancar insya Allah rencananya ya.. Semangat!

    ReplyDelete
  4. Jadi mau ikutan membuat blog plan juga. Terima kasih kak sudah menginspirasi

    ReplyDelete
  5. Infonya ok..saya belum pernah kepikiran bikin blog plan.. baca artikel ini jadi nambah wawasan. Trims mbak

    ReplyDelete
  6. Wah bagus nih, emang blig plan itu harus ada walaupun sampe sekarang aku belom punya blog plan. Aduh gimana aku mau capai goals ya, ayo semangat bareng mba

    ReplyDelete
  7. semoga sukses dengan blog plannernya mba 😍

    ReplyDelete
  8. Daebak ini planningnya mbak. Aku jadi terpacu!

    ReplyDelete
  9. Dulu pertama kali bikin blog, karena lihat blog seorang praktisi parenting.
    Kok bagus gitu, saya juga pengen.
    Setelah saya buat, (caranya meraba-raba, karena saya betul-betul buta dan bikin sendiri itu blog), saya buat satu tulisan pembuka.
    Setelah itu, vakum, lamaaaaaa banget, karena saya ndak tau mau nulis apa lagi.
    Habis itu, nemu komunitas, akhirnya nulis lagi, sempat lupa password blog saking lamanya gak dilirik. Ibarat rumah, mungkin blog saya udah berhantu itu, karena dah lama gak ada tanda-tanda kehidupan kwkwkwkw

    ReplyDelete
  10. Aamiin. Semoga goalnya tercapai ya
    Tidak mudah lho jadi blogger itu. Karena yang utama adalah konsistensi

    ReplyDelete
  11. Wah cocok ini buat saya. Makasih mbak

    ReplyDelete
  12. semangat semangat! pengen bikin juga tapi melihat kesibukan tiada tara ini jadi jiper mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bikin aja dulu mbak... chalenge kecil2an.. hihi

      Delete
  13. Maksih ilmunya, saya yg masih pemula juga jadi terbantu dg ulasan ini

    ReplyDelete
  14. masyaa Allah udah ada blog plan 2022 nih.... aku belum juga bikin TT.TT

    ReplyDelete
  15. Terima kasih sharing-nya, Mbak. Akhir tahun memang waktunya memasang target. Semoga di tahun 2022 rencana kita berjalan lancar. 😇

    ReplyDelete
  16. Kalau mau naik kelas dengan cepat harus punya blog planner yang benar dan istiqomah ngejalaninnya

    ReplyDelete
  17. Sebenarnya kalo mau jadi blogger sukses ya wajib punya planner begini kak.
    Hiks kadang dengan alasan sibuk kita, eeeh saya suka punya alasan gak bikin perencanaan buat blog.

    ReplyDelete
  18. Aku mau buat plan, mager banget eh... Masih berharap semoga ada yang nanya-nanya kode, biar tak jadikan konten buat blogku.

    ReplyDelete
  19. Ini nihh yang bikin kita makin semangat dan berkembang. karena kita punya perencanaan dan targett.. Keren. Semoga planningnya bisa berjalan lancaarr

    ReplyDelete
  20. Semangaaat, semoga blog plan yang udah dibuat bisa terealisasi ya mbak. Aku jadi ingat belum bikin blog plan buat tahun depan. hehe.

    ReplyDelete
  21. bener nih, ternyata punya plan blog ini bikin kita fokus yaaa.. dan makin semangat karena punya tujuan hehe yuk semangaat yuk :)

    ReplyDelete
  22. Keren blogplan nya ya Mba, moga bisa maju terus deh ngeblognya, yg ikut event lomba minimal 1x itu menarik juga, tp ketika dihadapkan pada kerjaan yg lain, jd rada surut sedikit deh semangatnya. Yuk keep blogging spirit ya Mba...

    ReplyDelete

Post a Comment