header marita’s palace

Utak-atik Sampai Klik Blogmu!

9 comments
Utak-atik dalam kamus Bahasa Indonesia berarti mencoba-coba, mencoba apa saja dalam satu bidang keilmuan. Blog pun juga ternyata memang butuh dan sangat perlu untuk diutak-atik supaya tampilan blog enak untuk dilihat dan yang terpenting menurut para mastah utak-atik sampai klik blogmu dengan memperhatikan kaidah SEO.

utak-atik yuk

Utak-atik Blog Melalui Tamplate yang Tersedia

Blog ini memang bisa dianggap sebagai rumah, layaknya sebuah rumah pastilah seorang pemilik rumah ingin memiliki rumah yang nyaman untuk dihuni. Sang pemilik rumah menempatkan tempat pada posisi yang seharusnya juga sewajarnya supaya saat ada tamu yang datang berkunjung tamu juga merasakan kenyamanan dari rumah tersebut.

Nah begitu pula dengan blog, supaya tamu (dalam hal ini pembaca) yang berkunjung ke blog merasa nyaman saat melihat blog yang kita miliki, kita juga harus men-setting-nya sedemikian rupa supaya pengunjung tertarik dan juga sering mampir untuk mengunjungi rumah (blog) yang kita miliki.

Oleh karenanya, blog juga sudah menyediakan beberapa tampilan yang bisa dipilih dan dinikmati juga bisa diutak-atik sesuka pemiliki blog. Yup, meskipun blog sudah menyediakan beberapa template tetapi tetap saja harus diberikan sedikit sentuhan untuk merubah ini dan itu agar nampak lebih indah misalnya saja bermain dengan warna juga gambar.

Jadi jika kita ingin mengutak-atik blog melalui template yang tersedia, pastikan kita sudah mengenal terkait fitur-fitur apa saja yang ada di blog. Kembali lagi, bayangkan kita sedang menata rumah tempat tingal kita. Tentunya kita sudah mengetahui apa-apa terkait rumah tersebut, seperti akan dibangun di mana kemudian desainnya seperti apa dan lain-lainnya.

Tips Mengutak-atik Template

Perlu diketahui untuk memulai utak-atik blog maka hal yang diperhatikan terlebih dahulu adalah berkenalan dengan layout. Setelah mengenal layout maka selanjutnya kita harus mengetahui terkait layout yang ideal seperti apa. Berikut adalah beberapa tampilan layout :

tampilan-layout


Keterangan :
Header : judul blog dan menu
Content : isi blog
Sidebar : tempat informasi lain-lain (gadget)
Footbar: copyright, menu

Lantas, layout seperti apakah yang ideal?. Menurut mastah blog, layout yang ideal adalah yang menempatan sisi berada pada sisi kiri dan sdebar berada pada sisi kanan (lihat gambar di atas). Hal ini dikarenakan mata pembaca saat membuka halaman blog memiliki kebiasaan yang akan lebih fokus ke sebelah kiri.

Kemudian ada saran juga dari mastah blogger terkait header dari tampilan blog. Jika menggunakan header image alangkah lebih baik jangan terlalu besar, ukuran tinggi yang disarankan tidak lebih dari 200px. Jadi saat pembaca membuka blog kita jangan sampai isinya header semua. Setidaknya header diperbolehkan 1/3 atau maksimal 1/2 tampilan dari blog.

Oh, ya! Disarankan juga perbanyak white space, juga jangan lupa memilih desain yang memiliki loading-nya ringan. Saat mengutak-atik blog setidaknya ada beberapa hal dasar terkat desain yang harus diperhatikan seperti background pada tulisan sebaiknya warna putih, terkait header juga layout seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya.

tips-utak-atik-template

Jika ingin mengkombinasikan warna, disarankan maksimal memilih 3 kombinasi warna saja. Kemudian terkait bentuk tulisan atau jenis font usahakan menggunakan font yang normal-normal saja. Tidak disarankan untuk milimih font handwriting untuk isi tulisan tetapi untuk bagian header tidak ada masalah jika ingin menggunakan font yang lucu atau mengandung nsur seni sedikit.

Tamplate dari bawaan blogspot ini memiliki keunggulan yakni ringan dan load speednya cepat. Blogspot memiliki empat template/tema baru yaitu Soho, Emprio, Contempo, Notable yang sudah memiliki desain yang responsive. Selain keunggulan, tema blogspot pun memiliki kekurangan tersendiri misalnya saja belum SEO friendly.

Kekurangan yang lainnya dari template bawaan blogspot adalah ada beberapa tema yang menghuruskan untuk mengklik terlebih dahulu sidebar-nya barulah sidebar tersebut tampil. Dalam kata lain sidebarnya (gadget, follower dan lain-lain) tersembunyi. So, jika mau utak-atik template bawaan dari blogspot carilah atau pakailah yang simple/sederhana saja.

Memilih Template Pihak Ketiga

Untuk mengutak-atik tampilan blog selain dari bawaan blogspot itu sendiri bisa juga menggunakan template pihak ketiga. Maksud dari pihak ketiga ini adalah adanya penyedia template yang bisa dicari dan diunduh pada mesin pencari. Pemilihan untuk menggunakan template pihak ketiga tentu saja sangat disarankan yang sudah memenuhi kriteria SEO.

Mungkin banyak yang bertanya kenapa disarankan SEO friendly, kalau menurut mastah blogger alasan mendasarnya untuk pemilihan SEO karena hal tersebut dapat membantu proses indexing ke Google. Selain itu juga dapat membantu untuk menaikkan DA saat proses tanam-tanam link. Semakin sehat blog, maka akan semakin mudah untuk dioptimasi. Benar-benar seperti mengurus rumah bukan? Blog juga mesti sehat :D.

4 Hal yang dipertimbangkan Saat memilih tamplate pihak ketiga

Perlunya memasang template pihak ketiga memiliki alasan tersendiri yaitu terdapat banyak pilihan dan juga bisa memilih dan memilah mana yang sudah SEO friendly. Sehingga saat memilih pun tidak hanya asal memilih yang unyu-unyu saja. Tetapi perlu ada hal-hal yang dipertimbangkan. Seperti halnya Mbak Marita yang memperhatikan hal berikut sebelum memilih Template pihak ketiga :
  • Tampilan yang nyaman diberbagai mode (responsive), jika diakses melalui mobile maupun desktop sama-sama nyaman saat diakses.
  • Fast loading, terkait hal ini ternyata tampilan untuk via desktop dan mobile tetap tidak bisa sama kecepatannya. Untuk tampilan mobile masih tetap kurang kecepatannya dan  bisa dicek melalui pagespeed insight.
  • Sudah SEO friendly. Hal ini juga bisa dicek dan ricek melalui meta seo inspector, kemudian template bisa dicek dengan seoptimer.com
  • Mudah penyetelannya. Cek terlebih dahulu apakah dokumentasi templatenya sudah lengkap dan bisa disetting hanya lewat theme dan layout sehingga tidak perlu banyak yang harus diutak-atik.



So, bagaimana, udah siap untuk utak atik sampai klik blogmu? Oh, ya! Mbak Marita juga memberikan saran sebelum memulai utak-atik blog ada hal yang perlu dipersiapkan seperti desain header, logo, foto profile, kode-kode warna yang akan digunakan. Selamat mencoba utak-atik blog, ya!.
Jangan lupa bahagia :D
Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

9 comments

  1. Ndekor blog emang seru ya mbak. Kaya ndekor kamar bahka rumah sendiri wkwk.
    Makin semangat nulis kita ;)

    ReplyDelete
  2. Utak atik sampai klik. Benee banget emang ya mb, bisa lupa waktu saking nano-nanonya. Semangat blogging dengan tampilan baru mb. Semoga makin pro

    ReplyDelete
  3. Otak atik blog kalo ga di stop suka lupa waktu..ga kerasa jam cinderella lewat...hehe
    Hapyy blogging mbaak Uha..

    ReplyDelete
  4. Masih pingin otak atik lagi nih karna semuanya bagus" templatenya.. Jadi makin ikut semangat otak atik juga nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih mbak... akupun belum totalitas hahha

      Delete
  5. Utak atik blog bisa jadi banyak materi ternyata, kalau di ulas bisa berjudul-judul ya mb

    ReplyDelete
  6. Mantap.. Pas menjadi ruang inspirasi. Sesuai thema blognya...

    ReplyDelete
  7. yeaaayyy alhamdulillah akhirnya selesai juga ya mbak.. masya allah luarbiasa. emang harus dan harus belajar banget ya mbak.

    keren uey udah sampai dititik ini

    ReplyDelete

Post a Comment