Ruang Inspirasi

Menjadi IRT Pintar dengan Kerja Cerdas Sat Set Beres

30 comments
Menjadi seorang ibu rumah tangga adalah sebuah pekerjaan yang tidak mudah dan juga tidak ada habisnya. Bahkan ada seorang ibu rumah tangga yang pernah berkata “ah rasanya waktu 24 jam itu kurang”. Bagaimana tidak, perihal mencuci baju, belanja harian, memasak, membeli kebutuhan keluarga dan segudang pekerjaan lainnya tidak pernah berhenti. Oleh karenanya seorang ibu rumah tangga perlu bekerja cerdas supaya tetap waras dan bahagia.


IRT Pintar dengan kerja cerdas

Penerapan bekerja secara cerdas biasanya ditetapkan oleh para pemangku bisnis supaya bisnis mereka tetap berjaya. Menurut saya tidak hanya mereka yang bisa menerapkan hal ini. Siapa pun bisa, apalagi ibu rumah tangga yang pekerjaannya 24 jam nonstop. Menjaga kewarasan dengan bekerja cerdas adalah salah satu caranya.

Kerja Cerdas Ibu Rumah Tangga

"Aba, makan malam nanti pesan via gofood saja, ya!.” Ujar saya di suatu sore kepada suami.
"oke" Jawab suami singkat 
Percakapan di atas adalah salah satu dari cara kerja cerdas yang saya lakukan sebagai seorang ibu rumah tangga. Ya, kerja cerdas adalah cara untuk melakukan sesuatu lebih efektif dan efisien.

Pengaplikasian kerja cerdas tentu saja tidak hanya menggunakan fisik tetapi juga menggunakan kinerja otak. Sehingga muncul langkah-langkah yang membuat suatu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efesien. Salah satunya adalah dengan melibatkan orang lain misalnya saja suami.

Menjadi seorang ibu rumah tangga tidak perlu harus selalu dituntut sempurna yang mampu melakukan semua pekerjaannya seorang diri tanpa ada bantuan apa pun dari orang lain. Seorang ibu rumah tangga Tidak harus mendapatkan label hebat dari tetangga ataupun netizen. Karena yang terpenting adalah seorang ibu atau istri tetap waras. Teruntuk para wanita berstatus ibu atau istri jangan lupa sayangi diri sendiri terlebih dahulu adalah hal yang terpenting.

Menjaga kesehatan fisik dan psikis tentu lebih utama jika dibandingkan dengan label Hebat. Ingatlah jantung rumah tangga adalah seorang istri. Jika istri tidak bahagia, maka seisi rumah akan tampak seperti neraka (tidak ada canda, tawa dan juga perhatian). 

Menjaga Kewarasan IRT

"Saya takut jatuh cinta, kak. Sebenarnya. Karena kalau saya jatuh cinta itu sepenuhnya” ujar Lesti Kejora pada podcast Gilang Dirga.
Memang terkadang, seorang wanita bisa menjadi lupa kepada dirinya sendiri jika sudah menyangkut sebuah rasa. Apalagi rasa sayang dan cinta terhadap pasangan terlebih kepada seorang anak. Namun seperti yang saya tuliskan sebelumnya, jangan lupa untuk menyayangi dan mencintai diri terlebih dahulu.

Saya tekankan pula sekali lagi bahwa menjaga kewarasan itu penting karena seorang istri adalah jantung rumah tangga. Dan dalam menjaga diri untuk tetap waras, silakan coba cara-cara berikut ini.

Tips Menjaga Kewarasan

tips menjaga kewarasan

1. Menemukan Teman Hidup yang Tepat
Sebelum seorang wanita memiliki label menjadi istri atau ibu, ada hal yang utama yang harus dipikirkan sebelumnya. Yakni tentang teman hidup (suami). Karena menjadi seorang IRT itu tidaklah mudah. dibutuhkan support system yang baik. Jangan sampai kejadian yang saat ini tengah viral dialami oleh kita. Naudzubillah.

Dalam menentukan pasangan yang tepat, memang harus dilihat bibit bebet dan juga bobotnya. Tidak hanya sekedar “baik”, karena makna baik saja terlalu sederhana. Guru saya memberikan pesan kepada saya saat saya mengabarkan hendak menikah. Salah satu kalimat yang ditanyakan adalah “bagaimana dia saat marah?” lalu “bagaimana perilakunya terhadap ibunya, dan saudara perempuannya?”

Karena pertanyaan tersebutlah saya pun mantap menerima suami saya sebagai pendamping hidup dan juga teman seperjuangan bagi saya tersebab sudah mengetahui jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan oleh guru saya.

Dalam berumah tangga, pertengkaran pastilah selalu ada. Karena dua kepala yang terpisah harus memiliki satu tujuan dan satu pemikiran. Dan untuk menyatukan dua kepala menjadi satu, tentu tidaklah mudah. 

Seperti halnya saya, pun tak luput dari pertengakaran kecil. Di saat mendapati perselisihan dengan suami, yang menyulut emosi, ada hal yang saya lakukan untuk meredakan emosi tersebut. Yaitu dengan cara pergi ke suatu tempat yang bertemu banyak orang, supermarket misalnya, atau tempat wisata

Di waktu tersebut, saya tentu saja membutuhkan kendaraan yang bisa membawa saya untuk pergi, dan gojek adalah penyelamat bagi saya. Dengan pesan ojek online saya bisa pergi kemanapun yang saya mau. Saya pun bisa memilih, mau naik GoCar atau GoRide. Jika sudah tenang, saya minta suami untuk menjemput saya di mana saya berada. Se-random itu memang saya. Beruntung memiliki suami yang sabar. Itulah perlunya menentukan pendamping yang tepat sebelum terjun lebih jauh.

2. Menemukan komunitas yang sesuai
Dalam menjaga kewarasan, salah satu cara yang saya terapkan juga adalah bergabung dengan komunitas yang satu frekuensi. Baik secara online atau offline.

Perlu diketahui bahwa seorang wanita setidaknya mengeluarkan 20.000 kata perhari, loh. Nah, jika seorang wanita hanya diam saja di rumah dan hanya bertemu dengan tembok serta peralatan perang seperti panci dan kawan-kawannya. Tidak menutup kemungkinan nanti yang menjadi sasaran adalah suami dan anak-anak untuk mengeluarkan 20.000 kata tersebut. Terbayang dong bagaimana mereka mendengarkan ocehan-ocehan yang membuat telinga panas. Ya, nggak?

Maka dari itu, perlu untuk seorang ibu rumah tangga tetap bersosialisasi dengan cara bergabung bersama komunitas salah satunya, untuk tetap waras.

3. Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri
Dalam hal ini, tentu saja banyak cara yang dilakukan oleh ibu-ibu di luaran sana. Ada yang menonton drama korea, ada yang memilih tidur, ada yang membaca buku, menulis dan yang lainnya.

Kalau saya pribadi, waktu luang untuk diri sendiri adalah dengan menulis dan pesan makanan online. Karena menulis tanpa cemilan itu seperi sayur tanpa garam bagi saya.

Terkadang, saya juga meluangkan waktu untuk diri dengan cara meliburkan diri ke dapur alias libur memasak. Cukup memainkan jari dan pesan makanan yang diinginkan.

4. Istirahat yang cukup
Hal yang paling penting dari semuanya menurut saya adalah poin ini. Istirahat yang cukup. Memaknai istirahat yang cukup tentu saja bukan yang mengharuskan tidur 8 jam. Kata cukup bagi setiap orang tentu saja berbeda.

Ada yang sudah merasa cukup istriahat dengan 3 jam perhari, 6 jam perhari, atau bahkan 8 jam perhari. Intinya, istirahat yang cukup dan jangan lupa juga untuk memenuhi asupan kebutuhan tubuh. Inilah hal yang terpenting.

Itulah beberapa cara yang mungkin bisa dicoba untuk tetap menjaga kewarasan. Dan dalam menerapkan kerja cerdas sebagai ibu rumah tangga, saya tidak hanya melibatkan suami untuk selalu mendukung dan membantu apa pun aktivitas yang saya miliki. Tetapi saya melibatkan orang-orang di luaran sana yang bekerja di perusahaan gojek. Ada beberapa alasan kenapa saya memilih gojek untuk membantu pekerjaan saya sehari-hari.

Alasan Memilih Gojek untuk Kerja Cerdas IRT

Gojek sebagai startup transportasi online yang sudah sangat akrab ditengah masyarakat memang sangat membantu dan meudahkan urusan terlebih bagi seorang ibu rumah tangga seperti saya saat ini.
alasan memilih gojek

Meski awal mula kemunculannya menuai pro dan kontra bagi para pekerja tranportasi umum seperti tukang ojek, supir angkot, dan supir taksi. Hingga mereka berulang kali melakukan demo bahkan banyak memboikot ojek online yang melintas di wilayah mereka. Tetapi kini, semua sudah bisa berjalan berdampingan. Dan inilah alasan saya memilih gojek sebagai partner kerja cerdas.

1. Banyak diskon atau promo

Hal yang tidak bisa dihindari bagi seorang kaum hawa adalah diskon, promo, potongan harga, pokoknya semua yang berbau murah meriah akan menjadi incaran. Betul, nggak, ibu-ibu?

Promo yang paling sering saya nikmati dari gojek tentu saja saat saya memesan makanan online. Ada diskon free ongkir, juga potongan harga 35%. Apalagi sekarang ada mode hemat yang bikin jajan semakin irit. 
Iritnya nggak kaleng-kaleng. Dari total pesanan saya sejumla 30 ribu-an saya hanya membayar 10 ribu saja dan free ongkir.
menu hemat gojek jajan irit


Promo yang sering saya nikmati juga adalah saat saya menggunakan menu GoRide atau Gocar. Karena ada cashback juga potongan hingga 50%. Tidak jarang, terkadang saya membayangkan sebagai orang kaya, karena bisa gonta ganti kendaraan juga supir. Berasa punya motor atau mobil banyak. Hihi. 
GoCar dan GoRide ini sangat membantu saya disaat suami berhalangan untuk antar atah jemput saat saya memiliki keperluan di luar rumah.

2. Bisa Kirim Makanan

Meski saya tinggal di Bandung, kemarin saya mendapatkan kiriman makanan dari salah seorang karib saya yang tinggal di Jawa Timur. Betapa kagetnya saya waktu itu, tiba-tiba ada abang gojek mengetuk pintu rumah dan bertanya kemudian memberikan bungkusan makanan. Tentu saat itu saya bingung, karena saya tidak memesan makanan apa pun. Beruntung teman saya memberikan kabar kalau dia yang mengirimnya.

3. Bisa Pesan Kendaraan untuk Siapapun

Sungguh aplikasi yang benar-benar memudahkan. Saya bisa memesankan GoRide untuk ibu saya, saat ingin pulang ke rumah setelah mengantarkan saya ke rumah bidan untuk proses persalinan. Ibu saya pun sampai rumah dengan selamat tanpa kurang satu apa pun diantar abang gojek.

Ibu, saya sarankan untuk pulang karena dia nampak tidak tenang melihat anaknya yang sedang merasakan gelombang cinta dari bayi yang ada di dalam dan tidak sabar untuk keluar. Beruntungnya lagi karena gojek hadir 24 jam. Karena pada saat itu jam 2 pagi ibu saya pulang dari rumah bidan ke rumah.

4. Banyak fitur

Fitur gojek kini semakin lengkap. Ada GoSend, GoMart, GoPulsa, Gotix, GoClub, GoMed, GoShop,GoMall, GoBluebird, GoBox, GoTransit, GoNearby, GoTagihan, GoSure, GoInvestasi, Gopaylater, GoPlay, GoGrener.
fitur gojek


Dengan semua fitur yang ada, sungguh sangat memudahkan dan membantu bagi saya. Saat pernah mendapati kunci kontrakan tertinggal di rumah teman. Dengan menggunakan GoSend permasalahan kunci pun selesai.  Lalu, saat ingin belanja tanpa keluar rumah cukup buka GoShop, GoMall atau GoMart. Saat ingin membeli tiket di bioskop cukup buka GoTix. Intinya saya mau butuh apa, gojek punya jawabannya.

Penutup

Menjadi IRT pintar dengan menerapkan kerja cerdas biar bisa sat set sat set beres adalah dalam rangka upaya menjaga kewarasan juga. Pekerjaan yang nonstop 24 jam seperti menyapu, mengepel, mencuci baju, mencuci piring, menyetrika, memasak adalah pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya.

Dibutuhkan dukungan orang lain, yang paling penting adalah suami. Namun melibatkan suami saja belumlah cukup. Oleh karenanya, saya melibatkan gojek karena dengan gojek saya selalu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan tentu saja, gojek sangat memudahkan urusan sehari-hari bagi siapa pun terutama saya. Karena gojek selalu ada, saat saya butuhkan.





Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

30 comments

  1. Bener sih jadi irt harus sat set sat set jaman now karena perubahan dalam segala bidang cepet banget ya untung ada jasa layanan gojek dengan fitur lengkap

    ReplyDelete
  2. Iya doong... jadi ibu rumah tangga harus bisa sat set menyelesaikan pekerjaan. Aplikasi Gojek ini ngebantuin banget lah pekerjaan kita sebagai ibu. Mulai dari pesan makanan, antar anak, sampai belanja pun bisa dilakukan menggunakan aplikasi yang satu ini.

    ReplyDelete
  3. Luar biasa. Jadi IRT tetap perlu me time juga. Dengan adanya Gojek ini memudahkan juga, untuk pesan ini itu sampai bantu bebersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu mbak ne time itu. Apalagi IRT yang harus tetap waras

      Delete
  4. Setuju, Mbak, sayangi diri sendiri sebelum menyayangi orang lain, termasuk keluarganya. Wanita perlu menunjukkan identitas dan menjaga kewarasan dengan bersosialisasi.

    ReplyDelete
  5. Saya setuju bahwa menjaga kewarasan itu prioritas utama yang harus diperhatikan kalau ingin keluarga ikut sehat. Kalau ibunya sehat dan bahagia, kerjaan cepet beres, keluarga juga ikut bahagia.

    ReplyDelete
  6. Setuju banget sih jadi IRT itu adalah sebuah kisah yang tak akan pernah selesai, akan selalu ada hal yang harus dikerjakan. Menjaga kewarasan adalah hal yang wajib. Semua hal di atas sudah berusaha kupenuhi agar aku tidak merasa kewalahan mengerjakan pekerjaan rumah.

    ReplyDelete
  7. Gojek sohibbb soulmate kita semuaaa
    Beneran cinta dgn semua service nya yaaaa.
    Keren

    ReplyDelete
  8. Aih setuju sekali dengan semua poin menjadi istri pintar dengan kerja cerdas yang disebutkan ... promo juga merupakan suatu kebahagiaan bagi saya, apalagi harga promo makanan di GoJek.

    ReplyDelete
  9. Sangat setuju saya, intinya selalu menjaga agar ttp waras ya mbak. alhamdulilah pny suami yg ngasih waktu utk saya bs me time atau berkumpul dgn teman2 meskipun beliau ga bs anter ya saya tgl pesen gojek ajh.

    ReplyDelete
  10. Setuju Gojek ngebantu banget untuk para ibu tetap waras. Semua pelayanannya mberi kemudahan.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah~
    Yang pertama kudu banget dipenuhi sedari awal adalah pasangan hidup yang mau memahami dan menerima kita apa adanya.
    Karena kemudahan teknologi zaman sekarang, membeli makanan melalui ojek online pun bisa dilakukan, jadi gak perlu repot yaah.. Apalagi kalau badan sedang kurang sehat. Rasanya untuk menjiwai rebahan, kudu banget dimanjain sama GoFood.

    ReplyDelete
  12. Gojek emang andalan untuk membantu tugas ibu ya mbak
    Biar sat set gitu
    Aku sehari-hari juga pakai gojek

    ReplyDelete
  13. Memilih pasangan yang tepat itu koentji rumah tangga ya.

    ReplyDelete
  14. Menjadi IRT pintar dengan menerapkan kerja cerdas dalam rangka upaya menjaga kewarasan memang butuh siasat. Di antaranya dengan aplikasi seperti Gojek ini. Hampir semua fitur layanan sudah saya pakai, dan sat set sat set segala urusan jadi lancar

    ReplyDelete
  15. Dalam Ibu Rumah Tangga saya. gojek mang aplikasi andalan para emak milineal mempermudah pekerjaan kitaaa eaaa....

    ReplyDelete
  16. Aduuh emang sih setelah agak kepaksa bikin akun gojek, sekarang malah keenakan.. banyak promo yang emak emak nggak tahan

    ReplyDelete
  17. Menjaga kewarasan sangat diperlukan biar bisa menjaga kesehatan mental. Biar waras juga perlu jaga asupan nutrisi. Kalau mau cari nutrisi yang pas banyak juga menu di Gofood

    ReplyDelete
  18. Salut saya mah sama IRT, pekerjaan yang sangat sulit menurut saya. Beruntung ada Gojek ya, pekerjaan jadi lebih enteng <3

    ReplyDelete
  19. aku pakai gojek sejak ada di kotaku sih alhamdulillaah terbantu banget sama aplikasi yang satu inii ~ Han

    ReplyDelete
  20. Setujuuu bangettt jaman skrg terbantu banget dengan adanya gojek, mulai anter dokumen, sampai makanan paling sukaa kalau promo mantul.

    ReplyDelete
  21. Menjaga kewarasan mmg penting bagi irt baik fisik maupun psikis, ada kalanya kita butuh me time atau hang out sama teman.

    ReplyDelete
  22. Bener banget mba jadi IRT itu harus kerja cerdas biar urusan domestik lancar jaya, senengnya ada jasa gojek ini, urusan irt pun jadi dimudahkan ya

    ReplyDelete
  23. Gojek memang penyelamat banget, ya. Mau ke mana, dianterin, mau makan apa, dibeliin. Bikin hidup lebih mudah dan serasa tenang karena ada yang bisa diandalkan :)

    ReplyDelete
  24. berada di rumah terus-terusan, ditambah lagi jika masih punya si kecil yang rewel memang lama-lama bikin juga ya bun..
    Untuk itu memang Ibu-ibu dirumah butuh sarana penyegaran, dan media untuk mereka berbagi kisahnya. Kalau gak salah 20.000 itu memang benar, dan sudah diteliti oleh psikiater asal Inggris.

    Salah satu untuk ngilangin stres adalah dengan beli makanan-makanan enak yang gak perlu ibu-ibu masak lagi.. Apalagi sekarang ada Gojek, jadi gak harus beli warungnya langsung.

    ReplyDelete
  25. Aku suka banget sama jawaban pak suami yang langsung jawab 'oke' ketika istri bilang makan malam pesan gojek aja pakai gofood. Gak perlu nanya kenapa dan takut boros, eh tapi di gofood juga banyak promo ya gak mungkin boros ehehehe

    ReplyDelete
  26. Me time time terbaik itu lepas gadget nonton drakor, nggak pusing scrooling entertaine soal pelakor apalagi

    ReplyDelete

Post a Comment