header marita’s palace

Pesona Alam Situ Cipanten Majalengka

36 comments
Situ Cipanten adalah salah satu tempat wisata yang dimiliki Kabupaten Majalengka. Situ yang memiliki pesona alam yang menyejukkan mata. Jika penat melanda, tempat wisata Situ Cipanten bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat yang harus dikunjungi untuk menyegarkan pikiran. Wisata ini pun tergolong tempat wisata yang murah meriah. Penasaran dengan tempatnya? Yuk, saya ajak jalan-jalan melalui tulisan ini.

Situ cipanten



Lokasi Situ Cipanten


Lokasi dari Situ Cipanten berada di Kabupaten Majalengka tepatnya berada di Gunung Kuning Kecamatan Sindang. Jaraknya berkisar 23 km dari lokasi rumah saya yakni (Desa Kaliwadas Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon) dengan waktu tempuh perjalanan selama 40 menit menggunkan sepeda motor.

Informasi tempat wisata ini saya dapat dari salah seorang teman saya. Saya pun tidak menyangka sebelumnya ada tempat wisata yang cukup menarik yang berlokasi disekitaran hutan. Saat saya mengunjungi tempat ini suasananya pun belum terlalu ramai dan terkenal seperti saat ini. Saat saya mengunjungi tempat ini pun belum ada penunjuk arah untuk bisa sampai ke wisata Situ Cipanten. 

Wisata Murah yang Membuat Hati Meriah


Wisata Situ Cipanten yang murah ini membuat hati saya meriah (hihi lebay dikit). Bahkan saat itu saya tidak membayar tiket masuk alias gratis karena ditraktir oleh teman saya. Tetapi jika pun saya harus membayarnya tidak ada keberatan sama sekali, wong murah, kok. Karena tiket masuk Situ Cipanten ini hanya dibandrol sebesar 5000 rupiah. Murah, bukan?

Selain biaya masuk, pengunjung juga dikenakan tarif untuk parkir kendaraan sebesar 5.000 rupiah untuk satu kendaraan bermotor dan 10.000 rupiah untuk satu kendaraan mobil. Jadi dengan uang sebesar 20.000 rupiah saja, Anda bisa menikmati wisata alam Situ Cipanten. Namun dengan catatan tidak membeli makanan ataupun mencoba wahana yang ada (hehehe). Teruntuk warga Majalengka dan sekitarnya jika dunia sudah damai dengan pandemi, silakan coba mendatangi wisata yang satu ini.

Spot Instagramable dan Wahana yang ada di Situ Cipanten


Setiap orang yang mengunjungi tempat wisata pasti ingin mendapatkan sesuatu yang bisa dikenang atau oleh-oleh dari tempat wisata yang dikunjungi minimal ada sebuah foto sebagai kenang-kenangan. Nah, untuk hal itu Anda tidak perlu khawatir karena di dalam wisata Situ Cipanten terdapat banyak spot foto yang cukup instagramable. 

Spot foto yang pertama tentu saja dengan danau yang menjadi latar belakangnya, kemudian jika Anda ingin mengelilingi danau Situ Cipanten maka Anda harus melalui sebuah jembatan, disitulah spot foto selanjutnya yang cukup instagramable. Kedua spot tersebut bisa dinikmati secara gratis.

Spot foto situ cipanten



Namun, ada juga spot foto yang berbayar yakni jembatan cinta dan juga kapal titanik. Spot foto kapal titanik tergolong baru karena saat saya mengunjungi Situ Cipanten 2019 lalu, spot ini belum tersedia. Dahulu saat saya mengunjungi situ Cipanten kondisi masih sepi dan belum banyak pengunjung. Saat itu saya berkunjung di hari weekday pukul 14.00 WIB. Perlu Anda ketahui terkait jam operasional wisata ini yakni dari pukul 08.00-17.15 WIB. 

Jembatan-cinta



Kemudian untuk wahana yang tersedia di Situ Cipanten yakni ada bebek goes, perahu layar, dan yang terbaru ada sepeda gantung. Wah tidak kalah dengan wisata yang ada di Bandung, ya!. Jika Anda ingin menikmati bebek goes, cukup mengeluarkan dana sebesar 20.000 rupiah per 20 menit. Lalu jika ingin mencoba naik perahu cukup membayar seharga 5.000 rupiah dan menaiki sepeda gantung 20.000 rupiah.

Wahana-situ-cipanten



Oh, ya! Jika ingin berfoto di jembatan cinta Anda memang harus menggunakan jasa perahu. Karena posisinya terdapat di tengan danau. Jika pun tidak dengan perahu Anda bisa mencapainya dengan berenang. Karena Situ Cipanten ini memang bisa digunakan untuk berenang (pastikan Anda bisa berenang, ya!).

Hal Unik yang Terjadi


Saat saya berkunjung ke sana, suasana situ memang tergolong sepi. Bahkan warung disekitar pun hanya ada satu atau dua warung yang buka. Saya pun tidak mampir ke warung untuk membeli sesuatu karena kondisi perut saya cukup kenyang. Alhasil saya hanya menikmati danau dan pemandangan hutan disekitarnya serta memberi makan ikan. 




Sebelumnya saya belum mengetahui tentang hal unik yang ada di Situ Cipanten. Namun belakangan saya mendapat info ternyata danau di Situ Cipanten ini memiliki keunikan tersendiri yakni memiliki dua warna yaitu hijau dan biru. Danau akan terlihat biru jika musim penghujan tiba, dan akan berubah menjadi warna hijau jika musim kemarau tiba. Saat saya berkunjung waktu itu tepat di musim kemarau sehingga penampakan yang terlihat danaunya berwarna hijau.

Pesona alam situ cipanten



Saat saya berjalan mengelilingi danau Situ Cipanten, saya menduga situ ini adalah salah satu sumber mata air yang terdapat di wilayah tersebut karena nampak jelas ujung danau yang seperti mengeluarkan rembesan air dan aliran air dari danau tersebut mengalir menuju hilir melalui sungai dan mungkin saja air dari Situ Cipanten ini adalah sumber air yang digunakan untuk warga sekitar.

Sayangnya, kondisi saat ini masih pandemi dan saya pun belum berkesempatan untuk mengunjungi kembali Situ Cipanten ini. Apalagi saat ini sudah ada perubahan yang cukup baik dilokasi Situ Cipanten dengan adanya wahana baru yang saya sebutkan di atas. Wahana yang masih ramah dikantong dan penasaran untuk mencoba. Saya yakin Anda pun tertarik dengan wahananya. Jika tidak tertarik semuanya mungkin  salah satunya.

Jika Anda juga tertarik ngin mengunjungi pesona alam Situ Cipanten yang ada di Majalengka ini, saya sarankan untuk bersabar hingga situasi dunia cukup membaik. Sungguh mengunjungi wisata dengan menggunakan masker tidaklah bebas menghirup udara segar yang ada. Apalagi Situ Cipanten ini dikelilingi oleh hutan yang menjadikan udara disekitar pun lebih segar. Tetap jaga kesehtan, ya!. Jangan lupa untuk terus bahagia.
Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

There is no other posts in this category.

36 comments

  1. Aku dua kali ke Cirebon tapi belum pernah wisata kemana-mana. Ternyata ada tempat wisata seindah ini. Perahunya itu loh bikin mupeng. Buat foto2 cakep kayaknyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini di Majalengka, Kak. Cirebon mah wisatanya sejarah semua hihi

      Delete
  2. Spot foto bentuk heart nya kayak gak asing ya.. Dilihat dari foto aja udah keliatan seger banget ini tempatnya.. Wisata yg dikelilingi hutan juga jadi daya tariknya tersendiri nih..

    ReplyDelete
  3. Senangnya kalau pandemi sudah berakhir kita bisa bebas traveling dan main menghilangkan kejenuhan kemana saja. Memang jalan jalan dengan masker ini sangatlah tidak nyaman. Apalagi kalau mainnya berkaitan dengan aktivitas fisik.

    ReplyDelete
  4. Tosss lah mbak, akupun nyarinya selalu tempat yg terjangkau kalau mau wisata....hhhi

    ReplyDelete
  5. Saya suka tempat wisata yang seperti Situ Cipanten ini, Mbak. Belum terjamah banyak orang, masih "perawan". Adem buat menyepi. 😍

    ReplyDelete
  6. Aku paling suka wisata2 situ, waduk, danau, dll. Ada airnya, ada banyak pohon sejuk dan anak2 bisa menghirup udara segar. Ah aku belum pernah ke situ. Wisata emang ga melulu mahal sing. Yg terjangkau asal sama org tersayang juga unforgettable hehe

    ReplyDelete
  7. Majalengka terkenal dengan sawah teraseringnya ya kalok ga salah. Pengen satu waktu bisa ke sana sekalian singgah di Situ Cipanten ini. Thanks got sharing ya 👍

    ReplyDelete
  8. perahunya iu sebenarnya yg bikin seru ya.. luas nggak sih danaunya.. sy pernah coba rawapening banyak encenggondoknya jadi takut nyangkut hehe

    ReplyDelete
  9. Makasih sharingnya, jujur saya belum pernah jelajah majalengka. Boleh nih masukin bucketlist buat next ke.majalengka

    ReplyDelete
  10. Baru tahu Majalengka juga punya danau 😅 Tahunya danau di kota saya saja, Garut, yaitu Situ Bagendit. Sama di sana juga yang diburu bebek goesnya 🤭 Tapi sekarang Situ Bagendit ditutup karena sedang perbaikan besar-besaran.

    ReplyDelete
  11. Jalan jalan ke tempat yang segar tapi nggak bikin kantong jebol. Rasanya buat berfoto ria, apalagi ada wahana kapal titanik, sudah cukup ya Mba.

    ReplyDelete
  12. Dududu adem banget Situ Cipanten ini ya mbak. Semoga kapan2 bisa jelajah Majalengka saat pandemi sudah musnah. Bayangin duduk2 di tepi danau sambil kerja, duh enaknya

    ReplyDelete
  13. Thx review-nya. Majalengka yang dikenal daerah panas memiliki Situ Cipanten yang terlihat sejuk. Harga tiketnya terjangkau juga

    ReplyDelete
  14. Selama pandemi jalan-jalan ke blog teman dulu aja yg aman hihi. Memang kebayang kalo jalan-jalan pakai masker itu gak asyik, padahal udara di sana pasti sejuk banget. Ah, tunggu situasi aman dulu aja deh!

    ReplyDelete
  15. Ini tempat wisata yang masih asri dan sejuk ya... banyak juga spot foto yang menarik. Aku penasaran deh pingin foto di wahana kapal Titanic

    ReplyDelete
  16. Keren ya wisatanya kak. saya ingin banget kesana kalau lagi gak pandemi dan biayanya pun cukup terjangkau. Membawa keluarga besar sepertinya menyenangkan nih

    ReplyDelete
  17. Wisata situ di Jawa Barat banyak bangettttt. Situ Cipanten salah satunya. Dulu mungkin cuma sederhana, tempat wisata lokal saja. Sekarang dengan pengembangan sana sini kayaknya udah bisa menarik pengunjung dari luar. Wahananya banyak banget.

    ReplyDelete
  18. Tempatnya enak buat rekreasi keluarga, adem dan asri. Jadi kangen sama daerah sana tempatnya sejuk2 euy

    ReplyDelete
  19. Wisata murmer bikin relaks macam gini memang paling asyik. Makasih rekomendasinya kak

    ReplyDelete
  20. Sejuk banget suasananya. Bikin adem hati yaa. Murmer pula. Kpn yaaa bisa jalan² ke situ? Hiks

    ReplyDelete
  21. Saya suka banget wisata ada danau dan tempat kek hutan gitu. Tapi sayang pandemi gini susah nak pergi piknik. Mudah2an pandemi cepat berakhir.

    ReplyDelete
  22. wah cakep banget, jadi kangen bandung! padahal kuiah di bdg 3 tahun tapi enggak pernah kesampean ke majalengka. 20rb murah sih itu, bersih juga ya mbak sekitarnya.

    ReplyDelete
  23. Wah asri banget ya panorama di Danau Situ Cipanten ini,, di Kabupaten Majalengka ya,, noted. Udah lama pingin wisata alam mudah2an kesampaian yaa biar seru kayak Mba Maftuha

    ReplyDelete
  24. Sangat terjangkau sekali ya kak tiket masuk ke situ cipanten. Nanti kalo saya beneran ada langkah ke Majalengka saya mau donk singgah ke sana.

    ReplyDelete
  25. Aseek nih pengantin baru jalan2 mulu dehh wkwkwk
    Majalengka keren juga yaah tempatnya juga keknya sejuk nih mirip Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkw... itu diambil saat masih single mbakke... pas nikah ya belun menjelajah sana sini. Baru beberapa tempat yang dikunjungi itu juga masa new normal (tahun kemarin) hiks

      Delete
  26. Waoww tempatnya cantik banget kak,, kayak suasana luar negeri gitu..
    Smoga punya waktu jg kesana

    ReplyDelete
  27. Naik perahunya 5k aja alias murah meriaaah, ada durasi waktunya nggak Kak? Hihi. Melihatnya adem ayem dan bikin refresh pikiran, ke sini pasti nyenengin yah lihat air danau, bisa kasih makan ikan juga

    ReplyDelete
  28. Jadi mupeng pengen ngebolang bagus banget tenpatnya semoga saya juga bisa berkunjung ke situ Cipanten ya kak

    ReplyDelete
  29. Pemandangan yg didapat dengan biaya yg dikeluarkan kayaknya ga sebanding nih. Pemandangannya luarr biasa dan tiketnya terjangkau. Ah ingin ke sana jadinya

    ReplyDelete
  30. wah keren..
    mengingatkan saya dengan salah satu tempat wisata yang mirip seperti ini di Medan.
    saya lupa namanya..
    murah dan bikin hati meriah..

    ReplyDelete
  31. Jernih dan asri y kak pelepas penat asik bgt disini

    ReplyDelete
  32. waaah wisata alam gini nih yang cocok buat nyari udara segar di tengah pandemi gini yaa :) asri dan sejuk banget liatnyaa :)

    ReplyDelete

Post a Comment