Ruang Inspirasi

Google Serach Console (GSC), Manfaat dan Fungsinya

29 comments
Bagi para bloger istilah google serach console atau disingkat sengan GSC pastilah bukan istilah yang asing di telinga. Tetapi bagi para bloger pemula yang baru pertama kali terjun ke dunia blog, mungkin istilah ini masih terdengar asing. Apa, ya, google search console? Untuk apa kegunaannya serta fungsi dan manfaatnya. Juga bagaimana cara menggunakannya. Yuk, kita bahas.

manfaat dan fungsi google search console


Apa, sih, Google Search Console?

Google search console merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh google yang bisa diakses secara gratis, yakni tanpa harus download aplikasi ataupun harus berlangganan. Namun, harus dipasang pada laman web salah satunya blog guna membantu memantau juga mempertahankan serta memecahkan masalah yang ada pada situs google yang dimiliki.

Singkatnya, google search console ini memudahkan sebuah artikel yang sudah ditulis pada laman blog (misalnya) bisa ditemukan dalam mesin pencari google. Sebagai contoh saat Anda mengetikkan sesuatu pada laman google dengan kata kunci “kucing garong” maka google akan memberikan referensi atau informasi terkait. Jika Anda sudah memasang google search console dan pernah menuliskan tentang kata kunci tersebut bisa jadi artikel yang pernah dibuat masuk ke dalam mesin pencari google.

Pengguna GSC sendiri tidak harus mereka yang sudah mahir. Karena cara memasangnya pun tidak terlalu rumit bisa dilihat pada tutorial berikut (silakan klik pada tulisan berwarna biru). Jadi untuk siapa pun yang telah memiliki sebuah situs baik dari kalangan yang awam hingga yang expert sekalipun bisa menggunakannya.

Pada umumnya para pemilik bisnis, pakar SEO atau pihak pemasar, situs administrator, atau developer web menggunakan google search console untuk membantu pekerjaan yang mereka dalam bidangnya masing-masing.

Manfaat dan Fungsi Google Search Console

Manfaat dan fungsi dari google search console secara garis besar adalah untuk melakukan interaksi web dengan search engine (mesin pencari). GSC berguna untuk riset berdasarkan pengunjung juga membantu mendeteksi jikalau web yang dimiliki terjadi sesuatu. Selain itu GSC juga memiliki fungsi sebagai berikut:

Melihat Kinerja Blog

salah satu tampilan gsc


Dilihat dari gambar di atas (tampilan performance pada GSC), ada keterangan total klik, dimana angka tersebut menunjukan bahwa berapa kali blog kita di klik pada halaman Google.

Kemudian ada kolom total tayangan dimana angka yang muncul tersebut menunjukkan berapa banyak atau berapa kali blog yang kita miliki ditayangkan oleh google atau terlihat oleh orang tetapi belum tentu diklik.

CTR atau click through rate yang ditunjukkan dengan angka persentase adalah hasil dari pembagian total klik dibagi dengan total tayangan. Posisi rata-rata adalah posisi artikel milik kita di search engine yang tergantung dari jumlah kueri (queries) yang ada pada blog kita.

Kueri adalah sebuah kata yang google deteksi pada blog kita. Jadi jika kita melakukan klik pada salah satu kueri maka akan muncul tampilan laporan kueri yang lebih rinci. Kueri ini bisa juga kita gunakan sebagai kata kunci jika ingin membuat artikel baru pada blog. Atau bisa juga dimasukkan menjadi bagian dari artikel yang sudah ada. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan klik pada blog yang akan memberikan efek pada traffic dan view.

Inspect URL/ Inspeksi

Jika ingin artikel yang telah dibuat terbaca oleh google, maka langkah yang perlu dilakukan adalah membiasakan untuk melakukan inspect url setelah melakukan publish. Langkahnya mudah, cukup copy paste link artikel kemudian klik inspect. Tunggu beberapa saat maka akan muncul keterangan. 

Jika artikel sudah terbaca oleh google maka akan muncul keterangan URL is on google. Jika belum terdeteksi, maka akan mucul keterangan URL is not on google. Maka langkah yang harus diambil jika keterangan tersebut yang muncul adalah klik request indexing. Biasanya GSC akan memberikan waktu 1x24 jam untuk menunjukkan hasil indexnya.

Index

Meliputi cakupan/Coverage yang berguna untuk melihat masalah di blog yang perlu diperbaiki. Kemudian sitemaps/peta situs. Sitemaps pada GSC berbeda dengan sitemaps yang berada pada blog. Sitemaps pada GSC disebut dengan sitemaps XML yang berfungsi untuk memudahkan google melakukan crawling pada laman blog kita.

Penghapusan memiliki fungsi untuk menghapus postingan/halaman yang sudah kita hapus di blog, supaya tidak tercrawling oleh google, minta google untuk menghapus juga.

Experience

Pada bagian ini berhubungan dengan kebergunaan situs saat dibuka pada metode ponsel.

Enhancement

Jika terdapat kesalahan-kesalahan pada laman yang dimiliki maka pada bagian ini dapat dicek dan diperbaiki.

Cara Menggunakan Google Search Console

Untuk menggunakan google search console sendiri terdapat cara atau langkah yang perlu dilakukan. Hal yang paling utama untuk dilakukan tentu saja mengenali istilah-istilah yang terdapat pada google search console seperti yang sudah disinggung di atas seperti istilah kueri (queries), CTR, sitemaps dan lain sebagainya.

Setelah paham dengan istilah-istilah yang ada, maka lakukanlah setting yang perlu dilakukan seperti menentukan negara, menambahkan sitemaps XML, menghubungkan antara GSC dengan GA, memperbaiki masalah yang ada, dan lain sebagainya.


itulah sekilas pembahasan terkait google search console, manfaat dan fungsinya. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan informasi bagi pembaca ruang kisah. Happy weekend dan jangan lupa bahagia serta bersyukur selalu.
Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

29 comments

  1. Wah, menarik sekali ternyata ya manfaat google search console ini mba.

    Sejujurnya aku baru tau manfaatnya lebih detil dan gak njelimet itu dari blog post ini. Dan pengen nyobain juga penggunaannya

    ReplyDelete
  2. Widih informasinya detail dan relate dengan saya yg masih awam dam jauh dari kata paham tentang dunia perbloggingan. Jadi nambah wawasan baru tentang apa itu GSC berikut kegunaan dan fungsinya, karena honestly, selama ini rutinitas ngeblog saya masih di seputar konsistensi belajar nulis secara ajeg alias istiqomah 😀. Terima kasih banyak informasinya mba Maftuha 😊🙏

    ReplyDelete
  3. Kokk pas banget dari kemarin ubek ubek soal ini tapi masih ga paham paham, pengen banget tampilan blog aku rapi cakep gitu maak. Makasih ya mak sharingnya aq baca berulang2 karena masih cetek soal beginian

    ReplyDelete
  4. Akhir-akhir ini aku juga jadi suka ubek-ubek gsc mbak. Salah satunya biar bisa daper insight untuk posting hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah google ada varian baru ya? Hehe, baru tahu nih. Namanya Google Search Console. Banyak fitur dan manfaatnya. Oke deh, aku pelajari dulu. Sangat berguna untuk blogger pemula kayak aku 👍

    ReplyDelete
  6. Novianti islahiah13 January 2022 at 05:18

    Sangat menarik, Mba membaca artikel ini. Jujur saya suka nukis di blog tapi belum diseriuskan. Jadi pas baca ini, mantap banget ya ternyata GSC ini.

    ReplyDelete
  7. Betah banget saya baca info GSC nya nih, saya si blogger pemula otw praktik dan cari ilmu GSC lainnya

    Terimakasih ilmunya mbak

    ReplyDelete
  8. Google search console ini tempatku memetakan keinginan pembacaku. Berguna banget. Asal si blogger juga tahu memanfaatkan dengan optimal

    ReplyDelete
  9. Trimakasih sharing ilmu tentang GSC nya mbak, kebetulan lgi nyari. Pucuk dicinta ulampun tiba, adakah artikel tentang cara menghubungkan GSC dengan GA..? Eh atau salah, ya...hihi ..newbie,masih meraba2 ttg istilah blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tulisan saya yang link-nya mengarah ke pemasangan gsc. Itu ada juga cara pemgaitannya GA dan GSC-nya kak. Cus diobrak abrik blok yang daya sarankan :D (cari tulisan warna biru pada artikel hehe)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  10. Trimakasih tulisannya sangat bermanfaat. Nambah ilmu baru tentang blog.

    ReplyDelete
  11. Terimakasih infonya, banyak banget ilmu yang harus dipelajari ternyata ya...ketika masuk dunia bloging, bukan cuma kemampuan menulis yang harus dikuasai

    ReplyDelete
  12. Sangat menambah wawasan bagi newbie spt saya. Btw, GSC sama nggak fungsinya kayak statistik gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak.. sama. Hanya saja lebih detail. Biasanya client pada minta statistik via GSC juga

      Delete
  13. Saya blogger pemula dan belum familiar dengan GSC ini. Terima kasih sharing-nya. Oh, ya apakah ini khusus untuk Blogspot? Apa bisa untuk Wordpress juga?

    ReplyDelete
  14. Note banget buat saya nih MB .. apalagi step by step belajar newbie banget

    ReplyDelete
  15. Saya dulu hanya sekedar upload di GSC. Tapi sekarang jadi tahu, ternyata GSC sangat penting ya kak. Jadi sya harus lebih memperbaiki lagi tulisannya.

    ReplyDelete
  16. Aku udah pakai GSC ini buat pantau blog, ini penting biar kita bisa tau pola naik turunnya blog ya mba

    ReplyDelete
  17. Aku belum pasang ini. Kalau basicnya wordpress apa ya?

    ReplyDelete
  18. Saya belum berhasil pasang Google Analytic dan Google search console di blogger ni mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kak.. coba terus... sampai berhasil. Hehe

      Delete
  19. Saya masih pemula dan masih saja bingung dengan istilah-istilah yang ditulis Mbak di atas, alhamdulillah dapat pencerahan lagi di sini, terima kasih ya Mbak

    ReplyDelete
  20. Wah, baru ngerti tentang google console. Makasih mbak. Masih harus terus belajar

    ReplyDelete
  21. waaah, aku baru tahu kalau bisa digunakan utk membuat artikel terbaca google lho mbak. Makasaih yaa, siap eksekusi hari ini deh!

    ReplyDelete
  22. google search console membantu banget buat blogger pemula kayak saya

    ReplyDelete

Post a Comment