Ruang Inspirasi

Kelas gratis BRT Network untuk Upgrade Blogmu!

84 comments
Kelas gratis BRT Network untuk upgrade blog, kok, bisa? Memangnya BRT ini kelas yang bagaimana, ya? Kok, bisa meningkatkan atau mengupgrade blog yang dimiliki seperti blogspot dan wordpres sebuah platform yang digunakan untuk blogging. Daripada bertanya-tanya apa itu BRT, kenalan dulu yuk! 

kelas gratis brt network untuk upgrade blog

Apa Itu Kelas Gratis BRT Network? 

Kata BRT sendiri adalah singkatan dari Blogger Ruang Tunggu. BRT network adalah sebuah wadah yang disediakan untuk menjadi arena belajar juga bermain para blogger yang telah berdiri pada tahun 2019. Wadah ini sengaja dibuat sebagai sarana berbagi ilmu, pengetahuan, juga update dunia blogging agar dapat tumbuh bersama. 

Kelas gratis BRT Network  adalah salah satu cara yang disebutkan sebelumnya yang sedang saya ikuti saat ini. BRT Network juga menyediakan ruang untuk posting dan publish bagi para member yang telah bergabung di dalamnya. Nah, untuk menjadi member dari BRT Network pun tidak bisa asal. Ada syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Kelas Gratis BRT Network Memacu Adrenalin 

Saat saya memutuskan untuk mengisi form kelas BRT yang dibagikan oleh salah seorang teman blogger, saya hanya berpikir "kapan lagi ada kelas gratis tentang blog". Teman saya pun bilang "coba isi dulu saja, toh belum tentu diterima". Mendengar ungkapan tersebut saya pun tidak berharap banyak. Dengan mengucap basmalah saya memutuskan mengisi form tersebut. 

Beberapa hari setelahnya ternyata saya mendapatkan invoice melalui e-mail yang berisi tentang undangan masuk kelas (baca: grup whatshapp). Sungguh undangannya pun berbatas waktu. Kalau saya tidak setting email saya untuk adanya pemberitahuan setiap e-mail masuk, mestilah saya akan terlewat kelas ini. 

kelas gratis brt network memicu adrenalin

Pada awalnya saya sangat bahagia bisa terpilih masuk ke dalam kelas gratis BRT Network ini. Apalagi langsung belajar melalui google meet. Sungguh awal yang begitu mengesankan. Tetapi setelah pematerian selesai muncullah sebuah tugas (sebuah hal yang lumrah adanya saat belajar). Namun, kelas gratis BRT Network ini ternyata memacu adrenalin saya. Saya seringkali dibuat deg-degan oleh aturan main dan penjelasan yang diberikan para coach BRT. Teringat zaman kuliah dahulu yang seringkali diberikan tugas dengan waktu dalam hitungan jam saja. 

Dahulu, saat duduk dibangku kuliah, seringkali mendapat tugas di sore hari dan harus finish esok paginya. Di kelas gratis BRT Network ini hampir mirip seperti itu ternyata. Batas waktu tugas pertama kurang dari 24 jam saja. Sungguh membuat adrenalin saya terpacu dan jantung saya dag dig dug nggak karuan. Karena belajar blog adalah termasuk ilmu baru yang baru saya kenal belakangan setelah menjadi seorang istri. 

Meski memicu adrenalin dan juga sempat ada keraguan mengikuti kelasnya, saya tetap senang dan memilih untuk bertahan ketika ada penawaran yang konsekuensinya memang harus mau 'sibuk' dan jika tidak sanggup boleh mengundurkan diri. Saya akan mencoba semampu dan semaksimal saya bersama tim kelompok kecil untuk bertahan. 

Suasana Ruang Kelas BRT 

Mungkin ada yang bertanya-tanya (kalau nggak ada juga, nggak apa-apa, sih. hehe) tentang suasana kelasnya seperti apa. Jadi kelas gratis BRT Network ini diadakan secara daring melalui grup whatshapp. Semua materi dan diskusi ada dalam satu grup tersebut. Kelasnya sangat deras arusnya (baca:sangat aktif anggotanya). Banyak sekali para blogger yang aktif bertanya dan berdiskusi sehingga lengah sedikit aja chat grup sudah ratusan. Lalu, ada apa saja ya, di dalam kelasnya? 

suasana kelas gratis BRT Network

1. Jajaran Coach 

Dalam grup whatshap tersebut terdiri dari beberapa admin yang tidak lain mereka adalah para coach-nya atau bisa dibilang para gurunya jika diibaratkan dalam kelas meskipun mereka tidak mau dianggap sebagai guru. Jajaran coach terdiri dari Mas Pewe, Mas Priyo, Bang Zen, Mba Monica, Mba Marita, Mba Gemaulani dan Mbak Andriana. Merekalah yang siap memberikan materi juga menjawab setiap pertanyaan yang ada. Mereka saling bekerja sama dengan kompak. Siapa saja yang berkesempatan untuk menjawab saat itu langsung dijawab tanpa saling tunjuk. 

Jujur, saya merasa segan dengan mereka. Dalam imajinasi saya mereka ini orang-orang yang sepertinya galak tetapi ternyata tidak. Mereka bukan galak, hanya tegas dan saya suka itu. Diantara mereka jujur saya berkesan dengan Mas Priyo. Sepertinya Mas Priyo ini orang yang cukup penyabar. Hal ini nampak ketika Mas Priyo memberikan respon dari pertanyaan para peserta yang ada di dalam grup. 

2. Materi yang didapat 

Hari pertama kelas, kami diberikan materi tentang meta SEO inspector dimana meta SEO ini akan sering digunakan dalam kelas ini sepertinya. Kemudian hari berikutnya kami mendapatkan materi tentang parameter SEO on-page oleh Mas Pewe dimana ada 18 parameter terkait SEO on-page ini. Di hari yang sama kami juga mendapatkan materi tentang Google Analitycs (GA) dan Google Search Console (GSC) oleh mas Priyo. 

Selain materi yang sudah didapatkan di atas, nanti ada materi baru yang akan disampaikan oleh Bang Zen. Belum tahu pasti tentang apa materi dari Bang Zen. Tetapi kami sudah diminta untuk menginstal sublime dan node JS. Nah, untuk mengikuti kelas ini tentunya ada syarat dan ketentuan yang berlaku. 

3. Teman Kelas Kecil dan Pendapat Mereka Tentang Kelas gratis BRT 

Jadi, selain terdapat kelas utama yang berisikan para peserta dan coach. Kami dipecah menjadi beberapa kelompok kelas kecil yang di dalamnya hanya terdapat tujuh orang. Saya masuk kedalam kelompok B, dengan anggotanya Mas Saepul, Mas Yonal, Mbak Atiqoh, Mbak Elisa, Mbak Diah, Mbak Dian, dan saya. Satu kelompok ini harus saling bahu membahu dalam menyelesaikam tugas. Karena jika ada salah satu anggotanya yang gugur maka gugurlah seluruh anggota dalam kelas kecil dan tidak bisa melanjutkan belajar di kelas gratis BRT. 

Kelas yang ketat dan memacu adrenalin, bukan? Kalau menurut teman kelompok kecil saya kelas ini memberikan effort yang berarti bagi blogger termasuk saya. Melatih kemandirian dalam mengurus blog supaya bisa bermanfaat lebih banyak ke khalayak, juga sang blogger bisa mendapatkan cuan dari banyaknya view-ers di blog-nya tsb. Overall kelas ini bukan kelas layaknya gratisan tapi memang lebih Dari itu. Menurut Mas Saepul pemilik blog sasya zawafa

Beda lagi dengan Mbak Elisa, pemilik blog lifestyle blog by digitalife. Menurutnya kelas gratis BRT ini wajib diikuti oleh blogger yang memang menjadikan hobby tulis-menulis ini sebagai salah satu sumber cuan, ya seperti yang sudah kita tau, brand sekarang juga sangat teliti dalam menggandeng blogger untuk diajak kerjasama, maka dari itu, ilmu SEO on-Page, SEO off-Page, dan ilmu penting lain yang dibagikan di kelas Gratis BRT sangat bermanfaat karena dengan ilmu dari kelas tersebut, kita bisa menjadikan blog kita lebih berkualitas lagi dari segi SEO-nya. 

Itulah sekilas tentang kelas yang sedang saya ikuti saat ini. Kelas gratis BRT Network sebagai salah satu cara untuk mengupgrade blog yang dimiliki juga mengupgarde pengetahuan saya tentang blog. Doakan saya mampu bertahan sampai akhir ya, teman-teman. Salam semangattt!!!!




Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

84 comments

  1. Alhamdulillah ya, senangnya bisa belajar dari banyak guru. Kelasnya belajar tentang SEO saja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, tentamg SEO onpage dan off page....

      Delete
  2. lho mbak maftuha buka jasa writter to? boleh nih kapan2 minta bantuan nulis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka kak.. heheh bolehlah kalau ada job share2 🀭

      Delete
  3. memacu adrenalin banget mbaakk. apalagi yg habis ngumpulin tugas 3 kemarun tiba2 langsung dicek n ada yg dikick huhuhuu

    ReplyDelete
  4. wow, menantang ya mbak kelasnya ? semoga yang diimpikan dan jadi goals setelah kelas selesai bisa tercapai. ditunggu review kelas BRT berikutnya mbak.

    ReplyDelete
  5. Yuk semangat bareng-bareng agar bisa lulus di kelas BRT Network ini. Moga nanti lulus dan blog kita dapat terupgrade baik. Amin

    ReplyDelete
  6. Saya udah pernah merasakan kelas gratis BRT. Sumpah sebenarnya saya malu sama kak Monic dan mas Punto. Soalnya saya gak naik kelas. 🀣
    Entahlah bagiku kok susah amat belajar kalo gak kelas offline.
    Hiks . Manja amat akutu

    ReplyDelete
  7. dari sisi materi yang disajikan oleh pengajar sangat berbobot untuk blogger, apalagi ini gratis. jadi wajar sih kalau dapat tugas yang memicu adrenalis dengan konskuensi jika gagal maka tidak bisa melanjutkan kelas gratis. Artinya para peserta diminta bersungguh-suunguh, karena ketika menjadi alumnus nanti ilmu bisa diterapkan sutuhnya di dunia blog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. benar sekali. Kelas gratis yang harus dilakoni dengan kesungguhan. Apalagi kalau kelas berbayar....

      Delete
  8. Walaupun ini kelas gratis, tapi materi yang disampaikan enggak recehan. Semua materi berbobot banget. Bahkan aku sampai kwalahan buat ngikuti materinya. Harus berkali" baca ulang materi, trial eror beribu kali.. wkwkk,,
    Semoga bisa lulus dari kelas ini ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar syekali mbaaakkk.... yuk semangat yuukk kitaaa

      Delete
  9. Ini sudah lewat ya? ada resumenya atau dokumentasi yang bisa diunduh? tertarik juga sebenernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedang berlangsung kelasnya... coba nantikan info pendaftaran selanjutnya saja. :D

      Delete
    2. waaah terimakasiiih, tapi saya jarang bisa on line karena sibuk di rumah .. semoga nanti ada resensi yang bisa dibaca lagi seperti ini

      Delete
  10. Yook semangat bareng mba, bener2 menguras tenaga dan pikiran ya. Tpi hepi klo liat blognya makin sehat

    ReplyDelete
  11. Semangaat bumil.. Salut euy bumil, kuat banget ikutan kelas begini. Tar pas baby bump lahir dia langsung bisa ngeblog dan paham SEO ni hahaha.

    Yang penting Sehat-sehat no satu ya, kalau bayik udah kasih sinyal, rehat dulu. Ajak main konsep seo on page dan off page. #duhSamaAja wkwk

    Ku doakan lulus ya bumil!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk langsung mahir ngeblog ntar dia.

      Mudah2an kuat... nggak kayak bulan sebelumnya yang tepar tak berdaya. Makasih doanya mbakkuh :D

      Delete
  12. ah, jadi pengen ikutan belajar di BRT. sayangnya kemarin ga lolos hehe..
    kabarin ya mb, kalo open batch..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak. Ntar kalau saya dapat info open lagi. Saya share

      Delete
  13. masya allah y mbak bisa ikut kelas BRT ini, salah satu semangat ku ikutan kelas inijuga sebagai sarana upgrade performa blog

    ReplyDelete
  14. Setelah ikut kelas blogspedia, aku pingin nyemplung ke dunia SEO... Bikin penasaran. Kalo ada kelas baru, colek aku ya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, dok. Nanti dicolek2 kalau ada info open lagi :D

      Delete
  15. Semangaat mbaa buat menyelesaikan projek sampai akhiiir. Semoga dikuatkan teruuus aamiin

    ReplyDelete
  16. Ngeri memang eh kelas BRT ini. Ditinggal sebentar aja, chatnya udah 500. Aku nggak kuat eh ngejar pertanyaan-pertanyaannya. Sorry ya kalau banyak yang belum kujawab.

    ReplyDelete
  17. Update performa blog bisa dari sesama blogger juga ya mba. Pasti banyak ilmunya yang lebih sakti dan bisa dibagikan ke kita. Senangnya bisa bergabung di BRT.

    ReplyDelete
  18. Keren belajar bahasa pempograman ini teh maksudnya, semangat berkarya lanjutkan dan jangan mudah menyerah, berat apa lagi kalau gak punta latar IT

    ReplyDelete
  19. Wah, blog baru lagi nih. Langsung dapet suntikan dari kelas BRT. Keren banget Mbak yang satu ini. Semangat selalu.

    ReplyDelete
  20. Mantapp. Semoga bisa bertahan sampai akhir yaa kak. Aamiin

    ReplyDelete
  21. Asyik banget ya Dek, belajar memicu adrenalin. Karena kesempatan ga datang dua kali maka pergunakanlah dgn sebaik baiknya. Semangat utk belajar terus ya Dek

    ReplyDelete
  22. Wow... Keren neh kelasnya,, dengan penawaran yang banyak tapi juga memicu adrenalin dengan tantangannya.. Sukses selalu mbak maftuha.. 🌷

    ReplyDelete
  23. Keren banget baca kisahnya, jadi ingin masuk kelasnya
    Semoga lolos sampai akhir ya kak

    ReplyDelete
  24. Wah, mantap nih. Terima kasih udah dikasih artikel sebagus ini

    ReplyDelete
  25. Wahhh jadi pengen ikut BRT Network juga:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ikutan.... tapi kalau open lagi mungkin ya

      Delete
  26. Semangat Kak ikut kelasnya. Mentornya hebat2 banget ini. Saat yang tepat untuk mengembangkan skill ngeblog.

    ReplyDelete
  27. Mantaaaappp🀍🀍🀍

    ReplyDelete
  28. Mantap, tetap semangat ya bu bloggingnya, banyak hal yang bisa dipelajari di dunia per blog an

    ReplyDelete
  29. Rasanya sedih banget ngelewatin coaching dari BRT Network ini. Waktu kemarin mau daftar, aku sampai mikir panjang banget. Moga tahun depan bisa ikutan kelasnya. Sekarang lagi siapin blog baru dulu biar siap optimasi

    ReplyDelete
  30. Senang bisa liat teman2 blogger bisa berkembang dan selalu semangat menimba ilmu. Sukses selalu yah mba Maftuha, semoga lolos sampai final di kelas BRT.

    ReplyDelete
  31. Semoga bisa menyusul Mbak maftukha yang sedang belajar memperdalam blog 😁

    ReplyDelete
  32. Waah seneng banget yaa bisa belajar tentang RBT Network untuk bisa upgrade seputar blog agar lebih menarik..
    Semangaat yaa belajarnya mba maftukha sukses selalu soga bisa semakin bagus kedepannya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau meluruskan... heheh tepatnya belajar blog mbak... bareng BRT

      Delete
  33. Pas banget nih buat aku yang berencana menuliskan hal-hal yang pernah dibaca.
    Sebelum action dapat ilmunya duluan
    Terimakasih

    ReplyDelete
  34. Wahh keren bgt kak. Sangat membantu kita yg menyukai dunia menulis ����

    ReplyDelete
  35. Resumenya menarik, jadi tahu bahwa ada loh sarana untuk para blogger agar dapat "belajar" supaya bisa mengelola blog nya menjadi lebih baik lagi. Menantang sekali ya kelasnya, seru banget kayanya untuk diikuti.

    ReplyDelete
  36. baca blog mba Maftuha ini seru sekali :)
    sekilas ikut nge-bayangin suasana di dalam grup yg memacu adrenalin.

    SEMANGAT Bumil !!
    Semoga bertahan sampai akhir di Kelas gratis BRT Network untuk upgrade blog semakin ciamikk :*

    ReplyDelete
  37. Terima kasih kak maftuha atas ilmunya. Alhamdulillah saya mendapatkan pengetahuan baruπŸ₯°

    ReplyDelete
  38. Wah.. .seru seru sedap nih ya ikutan kelas ini mbaak. Semoga makin berkembang blognya dan makin banyak haskar2nya yg bs dinikmati pembaca.

    Sukses selalu ya... Aamiin

    ReplyDelete
  39. Waoww ikut kelasnya sangat bermanfaat sekali ya pastinya. Semangat terus bumill... Gaassssss

    ReplyDelete
  40. wah bgs bgt nih kelasnya. dapat byk ilmu ya mba

    ReplyDelete
  41. Coachnya yang Bang Zen itu, bang Zen yang ada di grup bw rabu kak... Bang Zen kita? (halahhh 'kita' pulak... merasa memiliki pulak awak *tepok jidat*
    Kayaknya saya pernah daftar dan diemail lah ini. Tapi saya telah buka emailnya hiks.... sehingga WAG nya udah kekunci hisk...
    Semoga ada kesempatan lain untuk sayah

    ReplyDelete
  42. wah baca ceritanya saja sudah ikutan memacu adrenalin, tapi penasaran jadi pingin ikut kelasnya. mudah2an dapat kesempatan juga ... info2 ya mba...:). thanks for sharing...

    ReplyDelete
  43. Bacanya aja udah takjub duluan saya, Mba.
    Apalagi lihat jajaran coach nya seperti mas Pewe, Mba Monica anggen.
    Kerenlah BRT ya

    ReplyDelete
  44. dari dulu sebenernya pengen nulis dan nge blog juga. cuman blm dapet feel dan mood yg pas.
    kalo ikut kelas gitu pasti terpacu buat lebih semangat lagi tuh.. baru tau ada kelas yg lingkunganya bagus buat memacu nulis kaya gitu. nice info πŸ™

    ReplyDelete
  45. Kak ajarin dong jadi penulis.
    Ini kelasnya memicu saya untuk terpacu jadi penulis. Keren sukses selalu.

    ReplyDelete
  46. Terima kasih ilmu nya teh. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  47. Koq bisa keren seperti ini sih Teh, ajak-ajak dong Teh kalau ada event gini lagi.Wkwk

    ReplyDelete
  48. Ajak sayaa kalo ada event kekgini lagi yaa teteh hehe

    ReplyDelete
  49. Kalo ada event seru gini ku mau ikutaaaann πŸ₯ΊπŸ₯Ί

    ReplyDelete
  50. Keren,Mbak..semoga setelah ikut kelas ini makin keren bloggingnya ya. Semangat terus, coach-nya ketje,ilmunya daging semua.

    ReplyDelete
  51. Kelasnya keren, euy. Nggak kebayang kalau gugur karena salah satu teman terhenti di tengah jalan. 😫
    Btw, semoga blog-nya makin sukses ya, Mbak. 😊

    ReplyDelete
  52. Wah super keren nih kelasnya. Selain nambah ilmu, juga nambah relasi juga yaa πŸ˜€❤

    ReplyDelete
  53. Merasa termotivasi ngurusin blog sebaik-baiknya pastinya ya Mbak, udah naik tingkah satu level jadinya karena udah pinter ngoprek blog yang bener, semangat Mbak..

    ReplyDelete
  54. Menarik tapi saya belum bisa ikut karena masih susah membagi waktu Mak..sukses untuk BRT nya

    ReplyDelete
  55. Semangat ikut kelasnya kak. Semoga ilmunya bermanfaat

    ReplyDelete
  56. Kegiatannya bagus banget kak, jadi mupeng pengen ikut kelasnya, info info yaa

    ReplyDelete
  57. Akhirnya bisa utak Atik kode html juga ya dek. Hehehe. Pokoknya semangat dan pantang mundur ya dek agar ngeblognya juga makin bersinar.

    ReplyDelete
  58. Sayang ya mba kita gak segrup, kesan saya rasanya belajar di kelas gratis BRT ini kayak naik Roller Coaster dan ilmu yg dibagi benar2 bermanfaat :)

    ReplyDelete
  59. Keren nih maftuha pasti udah bisa utak Atik blognya sendiri ya. Menantang kan terjun ke dunia blog, nambah wawasan juga

    ReplyDelete

Post a Comment