Ruang Inspirasi

Melihat Konten MPASI dengan Internet Cepat, Bekal New Mom untuk Menyiapkan Makanan Sehat dan Tepat Bagi Sang Buah Hati.

17 comments
“Jangan menikah, kalau belum siap.”
“Jangan punya anak, jika tidak mampu memberikan kasih dan sayang (mendidik)”
Dua kalimat di atas adalah sebuah kalimat yang saya dapat saat mengikuti kelas parenting beberapa bulan yang lalu.

Kalimat yang sebetulnya sebuah penegasan bahwa untuk menuju ke jenjang yang sangat serius, tidak cukup hanya niat lalu langsung praktik. Karena ada hal lain setelah niat, yakni ilmu. Nyatanya menjadi seorang istri lalu menjadi seorang ibu akan sangat terseok-seok jika dilakukan dengan learning by doing. Seperti yang saya jalani saat ini.

Beruntungnya saya hidup di zaman yang canggih. Ada banyak ilmu yang di dapat melalui laman internet. Salah satunya terkait dunia parenting. Kini pun manusia berbondong-bondong membuat konten kreatif yang sangat bermanfaat. Bahkan para nakes juga tidak mau tertinggal. Mereka juga  mulai banyak yang menggunakan beberapa media online untuk meng-edukasi para pasiennya.

Terkait dunia MPASI pun saya lebih suka melihat konten yang dibuat para nakes. Pasalnya saat mereka membuat konten bukan asal selalu dengan ilmu yang mendasari sehingga saya lebih yakin untuk menerapkannya. Berkat adanya internet cepat seperti IndiHome saya tidak bingung lagi untuk mencari informasi yang saya butuhkan. Karena internet yang saya pakai jaringan selalu stabil. Hal ini tentu sangat membantu bagi saya.

Yuk, belajar sedikit tentang MPASI yang tepat!

Apa Itu MPASI, Kapan dan Bagaimana?

MPASI adalah kepanjangan dari makanan pendamping air susu ibu. Perlu diketahui bahwa kebutuhan nutrisi seorang anak cukup dengan ASI hanya sampai usia 6 bulan. Maka sebelum seorang anak mencapai usia 6 bulan, tidak dibutuhkan makanan pendamping kecuali dalam kondisi tertentu, misalnya berat badan tidak sesuai usia atau ada hal lain.

Pada umumnya saat bayi menginjak usia 6 bulan kebutuhan nutrisi yang di dapat dari ASI hanya 70% oleh karenanya diperlukan makanan pendamping ASI. Seiring bertambahnya usia anak, ASI pun sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan kadar hanya 30% saja saat anak usia 1 tahun. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada bagan di bawah ini

kebutuahan energi anak
sumber : Recreate by Me

Bagan di atas menunjukan bahwa semakin besar usia bayi maka kebutuhan nutrisinya akan terus meningkat dan ASI tidak cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan energi. Sehingga perlu sumber energi lain yaitu dari MPASI.
New mom harus tahu. Ada dasar yang harus dipahami dalam pemberian MPASI yaitu dengan strategi  tepat waktu, adekuat, aman dan higienis, dan diberikan secara responsif.

Tepat waktu artinya saat bayi berusia 6 bulan dengan memiliki beberapa tanda seperti sudah bisa duduk tegap, adanya ketertarikan terhadap suatu makanan.
Adekuat berarti makankan yang diberikan memenuhi kebutuhan energi, protein dan mikronutrien anak. Pastikan penggunaan alat dan bahan aman juga higienis. Berikan secara responsif yaitu konsisten sesuai dengan sinyal lapar dan kenyang.

MPASI yang Tepat

Stop! pemberian MPASI dini. Jika orang terdahulu minim informasi sehingga banyak hal yang dilakukan atas observasi dan pemikiran sendiri sehingga pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan lumrah dilakukan. Padahal, bahaya MPASI dini bisa menyebabkan bayi meninggal. Seperti kabar viral beberapa waktu lalu, seorang bayi meninggal akibat diberikan pisang oleh neneknya.

Kejadian tersebut menjadi pelajaran bagi semua bahwa bahaya MPASI dini bisa merenggut nyawa sang buah hati. Alasan tidak dianjurkannya MPASI dini karena perut bisa kembung, terjadi sembelit atau diare, bahkan alergi makanan. Hal tersebut disebabkan juga karena usus pada bayi masih belum siap untuk menerima makanan selain ASI atau sufor.

Mpasi sehat tepat
Sumber : Create by Me


MPASI yang tepat tidak hanya berkaitan tentang usia saja. Tetapi juga tentang komposisi yang diberikan. Dalam satu kali makan haruslah berisi menu lengkap yakni berisi karbo, protein, dan mikronutrien lainnya. IDAI merekomendasikan protein yang diutamakan adalah protein hewani.

Bebas Akses Melihat Konten Kapan Pun dengan Internetnya Indonesia

Sebagai ibu baru, seringkali saya menemukan kebingungan dan terkadang saya malu juga tidak tahu harus bertanya kepada siapa. Dengan adanya internet saya cukup akses beberapa media sosial untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Seringkali untuk perihal MPASI saya mengandalkan media sosial Instagram untuk recook masakan yang akan saya hidangkan kepada sang buah hati. Setiap malam saya scroll dan scroll menu-menu MPASI yang mudah tetapi mencukupi kalori yang dibutuhkan bayi. Terkait konten Instagram MPASI saya ingin memberikan sedikit tips dalam pemilihan akun yang harus dilihat atau ditonton:

1. Ikuti akun dokter anak atau dokter umum atau ahli gizi yang belajar tentang MPASI.
2. Jangan mengikuti akun selebgram atau mamagram yang terkadang konten tersebut berdasarkan ide sendiri tanpa di dasari ilmu yang mempuni
3. Cukup ikuti satu atau dua akun untuk menghindari kebingungan.

Dengan internetnya Indonesia saya bebas kapan pun mengakses konten yang saya butuhkan tanpa khawatir jaringan eror dan lain sebagaianya. Karena 24 jam on nonstop. Terlebih saya adalah seorang ibu yang mengerjakan semuanya sendiri. Melihat konten untuk menambah ilmu atau sekedar hiburan tidak memiliki waktu yang pasti.

Kenalan dengan Internetnya Indonesia, yuk!

IndiHome Aktivits Tanpa Batas
Sumber : Create by Me


Sebuah slogan aktivitas tanpa batas, siapa yang tidak kenal. Nampaknya seluruh penjuru Indonesia mengenalnya. Yup, slogan tersebut adalah slogan yang dimiliki oleh IndiHome.

IndiHome (Indonesia Digital Home) resmi diluncurkan PT. Telkom Indonesia pada tahun 2015 dengan menawarkan tiga layanan sekaligus yakni telepon rumah, internet, dan layanan TV interaktif. Karena penawaran tersebut IndiHome diberi label 3-in-1 atau pelayanan dalam satu paket.

IndiHome adalah provider internet terbaik yang Indonesia miliki. Kecepatan yang dimiliki IndiHome tidak tanggung-tanggung yakni bisa mencapai 300Mbps. Dengan dukungan kabel fiber optic, IndiHome menghadirkan layanan super cepat dan stabil sehingga memperlancar aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, sebagai provider internet terbaik, IndiHome pun menawarkan paket internet dengan bonus seperti misalnya bonus akses Netflix atau bahkan puluhan TV chanel unggulan.

Ragam paket yang dimiliki IndHome dimulai dari paket JITU 1- 1P dengan kecepatan 30 Mbps yang cocok jika digunakan untuk 5-7 perangkat sekaligus.

Saat ini pun IndiHome memliki banyak promo hanya dengan membayar 300 ribuan bsa menikmati akses Netflix dan paket 2P yakni internet dan TV. Untuk lebih jelas tentang paket yang tersedia bisa akses akun media sosial IndoHome atau web-nya langsung.

Penutup

Dengan bekal internet, melihat konten untuk mendapat ilmu tentang dunia MPASI sangat membantu saya sebagai new mom untuk memberikan MPASI yang tepat sehingga tidak tersesat seperti berita yang memprihatinkan.

Berbekal internet juga terkadang saya membuat sedikit konten masakan MPASI dan memposting keseruan mendampingi anak dalam proses MPASI pada story Instagram. Saya pun berharap semakin banyak konten edukasi bertebaran di media sosial seperti dunia parenting dan lainnya. Karena hal tersebut sangat membantu kita yang minim ilmu. Apalagi jika membuat konten ditemani internet terbaik Indonesia yang memilki akses tanpa batas sehingga beraktivitas pun tanpa batas seperti IndiHome provider terbaik Indonesia.

Sumber :


https://id.theasianparent.com/bahaya-mpasi-dini


https://id.wikipedia.org/wiki/IndiHome#:~:text=IndiHome%20resmi%20diluncurkan%20pada%20tahun,untuk%20membangun%20rumah%20berkonsep%20digital.
Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

17 comments

  1. Bener banget deh. Internet sangat membantu ibu-ibu buat cari resep masakan keluarga, sampai resep mpasi buat bayik. Bingung saya kalau dulu masa mpasi mau cari resep makanan ke mana. Thanks juga to Mama mama yang udah sharing resepnya di medsos.

    ReplyDelete
  2. Internet membuat kita bisa belajar sesuatu yang baru secara mandiri. Lebih baik lagi ada komunitas yang sevisi baik di dunia maya maupun nyata agar bisa diajak sharing

    ReplyDelete
  3. Setuju banget untuk gak kepengaruh sama gaya parenting sampai mengikuti MPASI yang bukan ahlinya. Meski mereka mengaku sudah berdasarkan petunjuk dokter, tapi tetap saja rujukan masing-masing Ibu tidak bisa dijadikan dasar yang kuat kalau tidak memiliki ilmu di bidangnya.

    Dengan internet cepat, mari kita semakin simple dan cerdas dalam memilah dan memilih konten yang tepat. Apalagi terkait pemenuhan gizi anak.

    ReplyDelete
  4. Pengalaman mirip dengan saya no Kak. Sepulang dari merantau, saya tahu ilmu tentang MPASI dari majikan. Tapi di kampung, semua serba sulit. Akhirnya saya nyontek dari artikel dengan koneksi internet. Alhamdulillah sih gak mengecewakan juga hehehehe

    ReplyDelete
  5. Internet memang memberi kemudahan siapapun, bahkan untuk ibu-ibu yang butuh resep masakan untuk baby-nya.

    ReplyDelete
  6. Banyak ilmu ya mba yang bisa kita dapatkan di era digital ini. untungnya ada IndiHome ya yang koneksinya cepat

    ReplyDelete
  7. Ya saya juga merasakan sekali manfaat internet saat ini..banyak hal yang bisa kita ketahui seperti saya ini rumah tangga ini. Jadi tahu tentang parenting, memasak dan.lainnya

    ReplyDelete
  8. Mudahnya mengakses informasi dengan internet ternyata memang sangat membantu semua orang, termasuk para ibu muda ya. Berburu aneka menu MPASI online, belajar tentang asupan gizi, semua bisa didapat secara daring. Penting memang mendapatkan ilmu MPASI ini bagi para orang tua muda.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah kita hidup di zaman informasi terbuka luas. Tapi perlu menyaring informasinya supaya kita dapat info yang benar.

    ReplyDelete
  10. Saat ini untuk mencari informasi apapun bisa ya, tinggal balik lagi ke kita mencari sumber referensi yang valid, ga cuma sekedar ikut-ikutan trend, termasuk tentang MPASI
    Banyak pilihan dan referensi, tinggal kita pilih mana yang sesuai dengan kita

    ReplyDelete
  11. dengan adanya internet cepat semua mom bisa mencari informasi apa saja di internet untuk pertumbuhan dan perkembangan anaknya ya Mom

    ReplyDelete
  12. Yess, internet memang sangat membantu saya dalam menyiapkan MPASI untuk buah hati. Untungnya juga ada banyak dokter yang bersedia sharing secara online untuk cara mengolah MPASI

    ReplyDelete
  13. Iya nih, sekrang menu mpasi anak udah banyak variasinya apalagi liat di internet, pun bisa diseusaikan sama umur, udah ad tips dan trik plus perhitungan nilai gizinya jg

    ReplyDelete
  14. Senangnya kini banyak konten yang menambah ilmu tentang dunia MPASI yang tentu sangat membantu para ibu sebagai new mom untuk memberikan MPASI yang tepat. Dukungan internet cepat dari IndiHome sangat membantu ya

    ReplyDelete
  15. Internet yang stabil dan cepat memang sangat membantu kita dalam mencari berbagai informasi, terutama kalau informasi yang dicari dalam bentuk video. Koneksi yang stabil bikin kita nyaman saat menonton konten tersebut.

    ReplyDelete
  16. Benar-benar banyak kemudahan di zaman sekarang. Sayangnya anak-anak saya udah pada besar semua. Mengingat cara dulu untuk memberikan makanan pendamping bagi anak, saya masih melakukannya secara manual. 😭😭

    ReplyDelete
  17. Saya juga suka nonton video masak MPASi walau jarang banget recook. Hehehe.. Tetap saja saya membuat menu sesuai kebutuhan saya dan anak. Apa yang ada di rumah yang dimasak. Lidah anak juga beda-bwda selera

    ReplyDelete

Post a Comment