Ruang Inspirasi

Belajar Dari Series Layangan Putus Episode 10

22 comments
Belajar dari series  Layangan Putus episode 10, sebuah drama web series Indonesia yang saat ini sedang viral di media sosial manapun. Banyak cuplikan hingga parodi dimainkan para netizen penonton serial drama ini. Drama yang diangkat dari sebuah kisah nyata dari penulis Mommy ASF begitu nama pena yang tertera dalam buku dan series tersebut.

Drama ini mengisahkan tentang hadirnya orang ketiga dalam sebuah pernikahan yang belakangan di Indonesia pun perihal orang ketiga ini selalu menjadi pembicaraan hangat. Bahkan saat saya mengobrol dengan seroang supir travel pun bapak ini membahas tentang pereraian yang sedang marak di kota Bandung.

Pasalnya, di Bandung angka perceraian meningkat saat adanya pandemi. Faktor utamanya tentu saja ekonomi. Namun faktor yang lainnya adalah adanya kehadiran orang ketiga. Lalu pelajaran apa yang bisa kita ambil dari web drama Layangan Putus episode 10?

belajar dari layangan putus episode 10

Drama Indonesia Layangan Putus

Drama Indonesia Layangan Putus yang dibintangi oleh Reza Rahardian, Putri Marino, Anya Geraldine dan sederet selebritas papan atas Indonesia sedang hangat-hangatnya diperbincangkan hingga diparodikan terutama parodi tentang peran Kinan yang memiliki mimpi ke Cappadocia.

Sebuah drama dengan total 10 episode yang setiap episodenya dibagi menjadi dua part yakni part A dan B sehingga totalnya ada 20 episode. Drama Layangan Putus tayang dan bisa ditonton pada aplikasi WeTv yang tayang setiap hari Jumat dan Sabtu pukul 18.00.

drama series indonesia layangan putus

Entah kenapa saya pun tertarik menonton series ini, suami pun hanya senyum-senyum dan geleng-geleng ketika mengetahuinya. Memang, dia tidak pernah melarang kegiatan yang hanya berstatus hiburan. Dia hanya berpesan “jangan sampai jadi ikut-ikutan emak-emak di luar sana yang nonton drama ini”. Saya tentu berkata “iya”.

Saya juga pernah melihat story seorang bapak-bapak agar tayangan Layangan Putus dihentikan. Katanya gara-gara serial drama ini, istrinya menjadi curigaan, bahkan pergi ke sawah pun dicurigai. Handphone sang suami pun kerap kali disita dan dicek. Intinya kebebasan para bapak-bapak terenggut. Haha. 

Memang banyak kaum hawa yang ikut terbawa suasana saat melihat series ini. Saya pun kerap ikut geregetan saat menontonnya tetapi tidak seperti cerita bapak di atas. Mendadak saya pun menjadi komentator ulung saat menontonya. Bahkan seringkali menghujat dan dibuat emosi oleh peran yang dilakukan oleh Reza Rahardian sebagai Aris.

Sinopsis Layangan Putus

Seorang gadis remaja polos yang berasal dari daerah, tumbuh, berkembang, dan menemukan cinta di kota besar yang sangat berbeda dengan iklim daerah asalnya. Mimpi sederhananya menyambung pendidikan dan menyelesaikannya tepat waktu, namun berubah setelah ia mengenal sosok lelaki tangguh. Lelaki yang mandiri dan berpendirian keras mengenalkannya dengan dunia baru yang belum pernah ia temui. Dunia yang asyik dan menyenangkan yang berbeda total dengan kehidupan remaja di daerah asalnya. Kinan jatuh cinta dengan sosok fun Aris yang juga memiliki sifat gigih. Aris mengubah caranya memandang dunia. 
Berdua menyamakan visi dan berjanji dalam ikatan pernikahan. Bersama memulai semua kehidupan dari bawah, Kinan dengan setia mendampingi Aris membangun mimpi mereka. Perubahan pola pikir Aris kembali mengubah cara pandang Kinan terhadap prioritas kehidupan. Kinan tetap setia di sisi Aris dan melupakan mimpinya menjadi seorang wanita karier. Memilih merawat keluarga di rumah, memenuhi permintaan Aris. Dan kembali mengenal Tuhan. Aris mampu meyakinkan Kinan dengan cukup ia yang bekerja di luar rumah, sudah cukup membawa Kinan memenuhi mimpinya saat kecil bertualang menaiki balon udara. Kinan jatuh cinta akan keindahan Cappadocia dan balon udara yang menghiasi angkasa. Takdir berkata lain. Aris menyaksikan keindahan tersebut, namun Kinan hanya sanggup menikmati dari foto-foto yang ia temukan di ponsel suaminya. Bersama wanita lain. Dua belas hari menghilang, Aris kembali ke rumah dengan semua hal baru yang belum pernah diketahui Kinan. Akankah Aris kembali berhasil membuat Kinan mengerti akan pilihannya?. 
Di atas adalah sebuah sinopsis dari novel berjudul “Layangan Putus” karya Mommy ASF yang saya dapat dari link https://www.kakceng.com/2021/12/baca-novel-layangan-putus-by-mommy-asf.html.

Sedangkan berdasarkan yang saya tonton dari episode 1-9, kisah layangan putus menceritakan seorang wanita yang berkarier sebagai seorang dokter bernama Kinan kemudian bertemu dan jatuh cinta pada salah seorang pasiennya bernama Aris.

Setelah Kinan menikah dengan Aris, ia rela melepaskan tugasnya sebagai seorang dokter dan menjadi ibu rumah tangga. Sedangkan Aris bekerja diperusahaannya sendiri.

Kinan memiliki 3 orang sahabat, 2 perempuan dan 1 laki-laki. Sahabat laki-lakinya bernama Andre yang ternyata mencintai Kinan sejak lama dan merelakan Kinan menikah dengan laki-laki lain. Meski demikian persahabatan antara Kinan dan Andre tetap berhubungan baik.

Semua permasalahan terjadi saat kinan sedang mengandung anak kedua. Aris mulai selingkuh dengan perempuan bernama Lidya seorang wanita yang ditemuinya di salah satu kafe saat Aris selesai meeting. Keduanya menjalin hubungan tanpa sepengetahuan Kinan.

Kinan mulai curiga karena menemukan keganjalan yang ada pada suaminya. Dimulai dari kancing baju yang tidak simetris saat pulang kantor, anting yang ditemukan sebelah di jas kerja Aris, parfum wanita yang tercium di kemeja aris, dan yang lainnya.

Kecurigaan Kinan mulai menjadi dan ia mencurigai seorang wanita rekan kerja Aris bernama Miranda sebagai selingkuhan Aris. Hingga suatu hari Kinan membuntuti Miranda untuk mendapati kecurigaannya. Namun sayang, ternyata Kinan curiga pada wanita yang salah. Pertengkaran pun  mulai terjadi antara Kinan dan Aris. Tetapi Aris begitu lihai menutupi perselingkuhannya dengan Lidya.

Kecurigaan Kinan berlanjut sampai ia mengalami stres yang menyebabkan bayi dalam kandungannya meninggal saat Kinan tahu bahwa suaminya pergi ke Cappadocia (tempat impiannya) nersama wanita lain yang bernama Lidya Danira.

Sinopsis Layangan Putus Episode 10

Setelah perselingkuhan terbongkar oleh Kinan, Aris masih tetap saja tidak bisa meninggalkan selingkuhannya yaitu Lidya. Bahkan Lidya selalu mendesak Aris untuk menikahinya. Aris meminta izin untuk menikah dengan Lidya pada Kinan. Apakah jawaban Kinan?

Tidak hanya itu, ternyata Lidya pun memberanikan diri meminta izin untuk menikah dengan Aris kepada Kinan tanpa sepengetahuan Aris. Apakah Kinan juga memberikan izin?

Bagaimana juga dengan nasib pernikahan Kinan dan Aris, apakah akan bertemu dipersidangan, atau justru Kinan menerima Lidya sebagai istri kedua Aris dan menjadi madunya. Temukan jawabannya di episode terakhir Layangan Putus Jumat pekan ini ya.

sinopsis layangan putus episode 10

Ketegaran Seorang Wanita – Belajar dari Kinan

Dalam series Layangan Putus, setidaknya ada yang bisa diambil pelajaran dari peran Kinan yang diperankan oleh Putri Marino.

Scene saat Kinan kehilangan bayinya membuat air mata saya pun ikut menetes. Tetapi dalam series tersebut Kinan tetap menampakkan ketegarannya dihadapan anak pertamanya. Kinan menutupi kesedihannya yang begitu mendalam dan selalu terlihat kuat dan tegar dihadapan anak pertamanya, Raya.

Meski jiwanya terguncang dengan kejadian yang dialaminya yaitu mendapati suaminya yang selingkuh secara terang-terangan dan kehilangan anak yang berada dalam kandungannya.

Kinan pun menyembunyikan perasaannya yang hancur akibat perlakuan Aris dihadapan Raya. Kinan tidak mau Raya tahu atas perbuatan ayahnya yang bejat dan tidak bermoral. Ya, itulah ketegaran seorang wanita yang mungkin bisa kita ambil sebagai pelajaran. Tetap tegar dan kuat dihadapan orang yang disayangi.

Jadilah wanita Cerdas dan Tangguh

Dari series Layangan Putus yang membuat saya ikut gregetan melihatnya, saya menangkap beberapa pesan selain menjadi wanita yang tegar, jadilah pula wanita yang cerdas dan tangguh.

Cerdas dalam bersikap, juga cerdas dalam berpikir. Seperti yang dilakukan Kinan ketika menghadapi selingkuhan suaminya.

Jadilah pula wanita yang tangguh, yang bisa berdiri sendiri. Sejatinya tidak ada satu wanita manapun yang mau bernasib seperti Kinan. Oleh karenanya wanita dengan pendidikan yang tinggi itu perlu. Karena mereka akan tetap bisa berdiri sendiri di kakinya ketika terjadi hal yang di luar kuasanya.

menjadi wanita cerdas, tegar dan tanguh

Kesimpulannya, belajarlah dari series layangan putus episode 10 yang menampakkah ketegaran, kecerdasan juga ketangguhan pada tokoh Kinan. Ambillah pesan dan moral dari sebuah tontonan yang  dilihat. Tidak hanya sekedar terbawa perasaan dan menghujat kemudian menaruh curiga yang tidak perlu (teruntuk para wanita yang telah memiliki pasangan) dan untuk wanita yang belum memiliki pasangan jangan jadikan tontonan ini sebagai alasan ketakutan dalam pernikahan
Wahai kaum hawa, jadilah wanita yang berkelas dan jangan lupa untuk tetap waras. Semangat selalu para wanita cerdas, tangguh, dan tegar dalam mengahadapi permasalahn apa pun. Fighthing!, be smart be strong.
Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

22 comments

  1. Tinggal episode 10. Entah kenapa aku malah gak penasaran sama endingnya. Eps 9 menurutku gak ada greget. Hahaha. Padahal sebelumnya ngeselin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bang. Greget sama si Aris yang malah bawa anaknya nginep sama selingkuhannya. Ngeselin! 😂

      Delete
  2. Kereen maak update sekali ulasannya komplit. Setuju maak jadilah wanita yang berkelas keren kinan tidak ngamuk2 ga jelas di depan selingkuhan suaminya.

    ReplyDelete
  3. bener-bener deh sinetron ini bikin hehoh dan marah seantero jagat maya Indonesia kayanya yaa, meskipun aku ga nonton sinetronnya tapi kena spill terus di TikTok, twitter, IG sekarang blog juga haha! Emang sih perselingkuhan kek g ada obat, susah! Setuju banget, jadi perempuan harus berani, tangguh dan jangan bergantung/menggantungkan diri sama orang lain, aku paling males deh begging from others. Semoga pasangan kita akan baik-baik aja ya dan menjaga hubungan, jangan kaya Aris!

    ReplyDelete
  4. Walau katanya diambil dari kisah nyata penulisnya. Tapi tetap aja ya setelah difilmkan atau digarap bukan oleh pihak pertama jadi berbeda dan nggak seperti kisah nyata. Kalau kisah nyatanya kan tentang poligami ya. Tapi kalau di dramanya tentang perselingkuhan yang terus terusan. Dari sini aja udah beda ya ama kisah nyatanya.

    Terus aku juga bnyak baca status emak emak yang emosian nonton drama ini terus jadi curigaan mulu ama suaminya hihihi 😂. Kasian para bapak yang ga bersalah itu ya jadi korban drama 😂

    ReplyDelete
  5. layangan putus bikin aku yang belum nikah jadi makin takut nikah 😂😂

    hadeh realita duniawi sungguhlah berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru mau komen seperti itu, ternyata ada temennya... Hihi

      Bener kak Happy, daku pun gak nonton.. dan pengennya happy aja.

      Delete
  6. Diawal saya nonton layangan putus ini saya sudah dibuat kagum kepada sosok karakter Kinan yang tegar, cerdas dan tangguh

    ReplyDelete
  7. Saya agak telat nonton drama ini tapi sekarang sudah tamat nonton sampai Eps. 10. Kalau boleh sedikit spoiler, endingnya bahagia, BAHAGIA buat seorang Kinan dalam artian dia memilih bahagia untuk dirinya :) Sebuah kecerdasan dari wanita tangguh yang tetap tegar dalam sabar di tengah badai yang gencar.

    ReplyDelete
  8. Drama rumahtangga memang menjadi pasar laris di industri film nasional. Walaupun yang menjadi polemik adalah kisah perselingkuhan yang sering bikin debatable.
    .
    Semoga industri film Indonesia menyajikan kisah rumah tangga yang inspiratif dan membuat hangat hati para penontonnya

    ReplyDelete
  9. Aduh series ini memang bikin gemes banget lho, rasanya emosi campur aduk dan pengen menghujat mas Aris sama Lidya hahaha ternyata ini diambil dari kisah nyata ya ya ampun semoga jangan sampai terjadi sama kita ya

    ReplyDelete
  10. Aku nggak ngikutin ini series, tapi jadi ngerti isinya karena hampir tiap hari ada yang spill spoiler di mana-mana. hahaaa... lihat spoiler aja ikut gregetan lho, apalagi nonton sendiri ya, belum sanggup lah. Baca ulasan Mbak sudah cukup mengobati rasa penasaranku. ditunggu ulasan lainnya.

    ReplyDelete
  11. Layangan Putus bikin istri2 curiga sama suaminya gak sih? Kalo aku nonton cuplikannya ya nggak juga. Cuma ngerasain banget di Kinan kok bisa setegar itu, gimana rasanya dia harus kuat. Huaaa T_T

    ReplyDelete
  12. Aku yg ikut penasaran sama seriesnya dan nonton sampai habis kak, hihihi. Bahkan bagiku yg belum menikah nonton film aku jadi memetik banyak pelajaran dari sana, seperti bagaimana menghadapi rumah tangga yg banyak lika-liku kehidupan di sana, bukan sekedar manis2an dan romantisan saja, kita perlu was-was dan perlu juga sesekali overthingking dan tidak boleh terlalu berharap lebih. Dan intinya pernikahan itu harus saling menjaga, semoga aku bertemu dgn lelaki yg bisa berkomitmen dgn itu nantinya, aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya kak... jangan takut nikah ya kak setelah nonton series ini. Hihi

      Delete
  13. Layangan Putus emang bikin geregetan para kaum hawa kek saya. 🤣

    ReplyDelete
  14. Aku nggak nonton serialnya sih. Cuma baca tulisan yang berseliweran di sosmed aja plus disini. Geregetan sih tiap kali dengar laki-laki selingkuh. Dan poin penting yang selalu saya ambil sama dengan mbak, be smart and strong. Wanita harus berpendidikan dan cerdas serta terampil.

    ReplyDelete
  15. Awalnya gak pengen nonton ini. Tapi ya ampun tolooong.... Muncul mulu di explore IG. Akhirnya nonton episode akhir sejak Kinan urus gugatan. Komentarku kayak Bu Susi: Tenggelamkan! 😆

    ReplyDelete
  16. Ada banyak pelajarannya sinetron ini, bagus banget ulasannya mbak

    ReplyDelete
  17. Aku udah nonton episode 10. Lega banget Kinan akhirnya pisah sama Aris. Emang untuk bahagia kita haris melepaskan toxic relationship ya, walau kita cinta banget. Nonton series ini tuh mengaduk-aduk emosi banget nggak sih, huhu

    ReplyDelete
  18. Wkwkwk bapak-bapak jadi terenggut kebebasannya ya...gara-gara istrinya baper layangan putus juara banget kisah ini.

    ReplyDelete
  19. saya sudah nonton semua episodennya dan puas banget sama endingnya, mereka cerai dan Aris terlihat tidak bahagia dengan kehidupannya bersama Lidya.
    Banyak banget memang pesan moral yang diberikan di web series ini, sampai-sampai saja juga ulas di blog saya..

    ReplyDelete

Post a Comment