header marita’s palace

Ruang Kisah Tempat Berbagi Cerita

9 comments
Saya yakin setiap manusia membutuhkan ruang untuk dirinya. Makna ruang sendiri memiliki banyak arti salah satunya ruang adalah rongga yang tidak terbatas, tempat segala yang ada. Seperti halnya ruang kisah yang dapat dijadikan sebuah nama sebagai tempat berbagi cerita. Setiap orang pasti ingin membagikan kisah yang pernah terjadi dalam hidupnya, entah itu kisah yang menyakitkan, menyedihakan, hingga yang menyenangkan serta menggembirakan.

Ruang inspirasi



Bercerita melalui apa pun karena seperti ada rasa yang melegakan setiap orang saat bisa membagikan kisah dalam hidupnya. Seperti halnya saya yang menjadikan ruang kisah sebagai tempat untuk bebas bercerita melalui laman blog, di sini saya bisa bebas berbagi tentang hubungan antar manusia, berbagi tentang segala aktivitas yang dilalui, berbagi tentang bermacam ulasan juga berbagi tentang impian yang dimiliki. Semua kisah yang dibagikan memiliki harapan untuk bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang yang mampir untuk membacanya. 

Ruang Kisah Hubungan Antara Manusia

ruang-kisah-hubungan-sesama



Manusia adalah makhluk sosial yang pasti membutuhkan bantuan ataupun peran dari manusia lainnya. Dalam hal ini manusia memang makhluk yang berhubungan secara timbal balik yang dalam ilmu sosiologi makhluk sosial adalah sebuah konsep struktur sosial yang dipandag sebagai sebuah organimse hidup.

Kehidupan manusia sebagai makhluk memang tidak dapat lepas dari status sosialnya. Contohnya saja tentang keterkaitan hubungan timbal balik. Ada sebuah kekodratan yang terjadi antara manusia dalam hal ini yakni adanya rasa ingin memberi atau menerima. Konteks dalah hal memberi pun sangat luas, bisa dalam bentuk fisik ataupun non fisik.

Pemberian berupa fisik misalnya memberikan hadiah berupa barang terhadap sesama yang dalam kehidupan bermasyarakat disebut sebagai teman, sahabat, orang tua, keluarga dan yang lainnnya. Sedangkan bentuk non fisik berupa bentuk simpati antara manusia itu sendiri. Misalnya saja saat manusia mengalami kesedihan maka bisa memberikan sebuah dukungan dalam bentuk simpati dengan memberikannya sebuah hiburan supaya dapat menghilangkan rasa sedih yang dimiliki.

Begitu juga halnya dengan kondisi menerima, sudah menjadi hukum alam bahwa saat ada yang memberi pastilah akan ada yang menerima. Jika tidak terjadi demikian maka istilah memberi dan menerima pun mungkin tidak akan pernah terjadi pada alam semseta ini.

Manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki hubungan antara manusia pastilah membutuhkan ruang untuk dapat membagikan hubungannya. Hal demikian dinamakan dengan sebuah status dalam kehidupan sosial. Misalnya saja hubungan antara lawan jenis yang memiliki status hubungan dengan sebutan suami dan istri atau ayah dan ibu atau yang lainnya. Ada sebuah status sosial yang melekat.

Hubungan yang terjadi dan memiliki status demikian tentu saja terdapat kisah yang dapat dibagikan kepada manusia lainnya dengan harapan bisa menjadikannya sebuah contoh ataupun pembelajaran. Oleh karenanya dalam hubungan ini haruslah memiliki ruang tersendiri supaya dapat menatanya dengan mudah.

Ruang Kisah untuk Berbagi Aktivitas


ruang kisah


Sebagai makhluk sosial yang memiliki hubungan antara sesama dalam bentuk status apa pun, manusia di muka bumi juga tidak pernah luput dari segala aktivitas dalam menjalankan kehidupannya. Aktivitas adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia setiap harinya sejak bangun tidur hingga terlelap di malam hari dan akan terus beulang setiap harinya seperti itu.

Aktivitas yang dimilki manusia sangat beragam sebutannya tetapi secara garis besar dibagi menjadi kegiatan fisik juga kegiatan non fisik. Kegiatan fisik lebih cenderung kepada kegiatan yang banyak menggunakan otot seperti halnya berlari, berjalan, mengangkat beban dan lain sebagainya. Sedangkan kegiatan non fisik lebih cenderung kepada kegiatan yang lebih menggunakan otak atau pikiran.

Ketika melakukan berbagai aktivitas pun manusia sejatinya membutuhkan ruang untuk bebas melakukannya. Bahkan ada yang sampai membagikan kisah terkait aktivitas yang dilakukan dengan berbagai macam cara seperti halnya merekam dengan kamera, bercerita langsung saat bertemu dengan manusia lainnya ataupun dalam bentuk tulisan.

Ruang Berbagi Macam-macam Ulasan



Saat melakukan kegiatan pun terkadang manusia ingin berbagi dengan cara memberikan ulasan terhadap suatu tempat yang pernah dikunjungi atau memberikan ulasan terkait makanan ataupun produk. Hal ini adalah efek dari hubungan timbal balik yang dilakukan oleh manusia. Memberikan ulasan adalah bentuk dari respon apa yang telah diterima. Terlebih saat ini di zaman serba digital, sebuah ulasan menjadi hal yang perlu sebagai bahan rekomendasi.

Bahkan sebuah ulasan pada saat ini bisa menjadi tolak ukur tentang sesuatu barang, apakah barang tersebut layak atau tidak, baik atau tidak, hal demikian bisa dicek melalui ulasan yang dilakukan.

Ruang Menceritakan Impian



Impian atau seringkali disebut dengan cita-cita, adalah suatu hal yang sangat lumrah dimiliki oleh manusia sebagai makhluk sosial yang menimbulkan efek timbal balik. Saat memilki impian kemudian menceritakan impian tersebut kepada orang lain adalah salah satu aktivitas yang terjadi antara hubungan manusia. 
Mungkin tidak semua manusia melakukan hal demikian yakni memiliki impian kemudian membagikannya melalui cerita. Namun saat memiliki impian kemudian menceritakannya konon bisa dijadikan sebagai bentuk upaya agar bisa memotivasi diri dalam mencapai impian tersebut. 

Ruang yang disebutkan sebelumnya adalah ruang yang sengaja saya buat untuk saya pribadi. Ruang yang menurut saya patut disediakan untuk diri saat tidak bisa memebagikan kisah secara langsung dengan manusia lainnya sebagai makhluk sosil. Sebuah ruang yang diciptakan dalam bentu laman blog dengan judul ruang isnpirasi.
Hadirnya blog dengan judul tersebut bukan berarti saya ingin menjadi inspirasi untuk yang lain, akan tetapi semua yang saya tulis kelak setidaknya bisa menjadikan inspirasi dan motivasi bagi diri sendiri. Karena hidup butuh ada yang menyemangati minimal diri sendiri apalagi ditengah kondisi pandemi seperti saat ini. Jadi, mari berkisah di ruang kisah sebagai tempat berbagi cerita. 
Salam sehat, salam semangat.  
Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

There is no other posts in this category.

9 comments

  1. Terima kasih untuk setiap kisah yang sudah dibagi😊.

    Setiap diri punya cara untuk berbagi ya...semangat mbak!

    ReplyDelete
  2. Sepemikiran saya pun menjadikan blog atau fb sarana me time dengan cara menulis, berbagi kisah semangat selalu kakk

    ReplyDelete
  3. Tulisannya mewakili pemikiran saya, Mbak 💕 Terima kasih telah berbagi manfaat dan menyebarkan energi positif.

    ReplyDelete
  4. Ooh saya kira ini ruang fisik, rupanya ruang virtual di internet ya.. menarik sekali gagasannya.. beberapa sudah saya lihat dari linknya.. semoga bisa tetap berkarya yaaa

    ReplyDelete
  5. Intinya manusia itu ingin didengar ya dek... dan memang seharusnya ada timbal balik, jika ingin didengar mau harus mau mendengar. Tetap semangat menulis ya dek

    ReplyDelete
  6. Setiap manusia memiliki ruang kisah tersendiri, baik ingin diketahui khalayak atau disimpan sendiri , ruang kisah mba tentulah menarik untuk dibaca semua orang :)

    ReplyDelete
  7. Setiap orang butuh ruang psikologis, terutama saat-saat mengalami tekanan atau stres. Ini wajar banget, dan menyehatkan buat semua orang sih.

    ReplyDelete
  8. Mantab. Semoga bisa menginspirasi banyak pembaca ya Mbak.

    ReplyDelete
  9. aku setuju kalau tiap manusia butuh ruang untuk membagikan kisahnya
    dan dari kisah itu bisa menginspirasi yang lain juga

    ReplyDelete

Post a Comment