Ruang Inspirasi

5 Cara Menambah Berat Badan yang Ideal

33 comments
Bagi kaum wanita, berbicara masalah berat badan merupakan hal yang sensitif. Di antara mereka ada yang ingin menambah berat badannya supaya ideal, ada juga yang ingin menurunkan berat badan karena merasa badan yang lebih gemuk. Ada pula yang ingin selalu diet padahal badan sudah cukup kurus. Ya, itulah kaum wanita yang memang sulit dimenegerti.

Tampil cantik dengan berat badan yang ideal adalah impian dari semua wanita. Oleh karenanya, wanita pun harus mengetahui berapa berat badan ideal yang seharusnya dimiliki supaya tidak melahirkan insecure sehingga berasumsi sendiri dan memberi label pada badan yang dimiliki terlalu gemuk atau terlalu kurus.
5 cara menambah berat badan

Menentukan Berat Badan Ideal

Untuk mengetahui berat badan yang dimiliki sudah ideal atau belum, ladies bisa menghitungnya dengan beberapa cara atau rumus yang sudah ada berdasarkan ilmu kesehatan. Perihal rumusnya pun ada beberapa, yakni ada yang mengunakan rumus broca atau menghitung dengan kalkulator BMI (body mass index).

Rumus broca ditemukan oleh seroang bernama Paul Broca. Uniknya cara menghitung dengan rumus ini dibedakan antara menghitung berat badan untuk pria dan wanita sehingga rumus ini memiliki dua rumus. Berikut adalah rumus untuk menentukan berat badan yang ideal

Bagi pria :
Berat Badan Ideal (Kg) = [Tinggi Badan (cm)-100]-[Tinggi Badan (cm)-100x10%]

Bagi wanita
Berat Badan Ideal (Kg) = [Tinggi Badan (cm)-100]-[Tinggi Badan (cm)-100x15%]
Sedangkan cara menghitung berat badan yang ideal menggunakan kalkulator BMI adalah sebagai berikut :
Berat Badan Ideal = Berat Badan (kg) : Tinggi Badan (m)
Untuk perhitungan menggunakan kalkulator BMI diperuntukkan bagi usia 20 ke atas dengan memiliki ketentuan sebagai berikut :
- BMI normal berada pada angka 18,5-25
- Jika hasil perhitungan menghasilkan angka >25 berarti Anda memiliki berat Abadan yang berlebih atau gemuk
- Jika hasil perhitungan <18 berarti berat badan kurang atau kurus
- Dan jika angka BMI menghasilkan angka 40 maka perlu adanya penanganan cepat.

5 Cara Menambah Berat Badan Aman dan Sehat yang Ideal

Menambah berat badan memang lebih mudah nampaknya jika dibandingkan menurunkan berat badan. Meski demikian, jangan juga melakukan jalan pintas untuk melakukan penambahan berat badan. Menambah berat badan juga harus dilakukan dengan cara yang aman dan sehat supaya memperoleh berat badan yang ideal pula. Berikut adalah cara yang bisa dicoba:
Lakukan cara ini untuk menambah berat badan



1. Memilih Makanan Kaya Nutrisi

Untuk menambah berat badan, maka langkah yang dipilih dalam hal makanan adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Bukan sekedar makanan yang berlemak, cepat saji dan tinggi kalori. Anda bisa memilih makanan yang kaya akan nutrisi dengan tetap memperhatikan gizi yang seimbang seperti daging tanpa lemak atau kulit, kacang-kacangan, buah, sayur, tempe, tahu, telur dan juga ikan.

Selain memilih makanan yang kaya nutrisi, konsumsilah makananan tersebut dengan porsi yang lebih kecil tetapi sering. Ingat, jangan pula berlebihan dalam mengonsumsinya karena segala sesuatu yang berlebih tentulah tidak baik.

2. Memilih Cemilan yang Sehat

Selain makanan yang kaya nutrisi, Anda juga harus memperhatikan cemilan sebagai selingan dari makanan pokok. Pilih pula cemilan yang sehat seperti gandum, yoghurt, cokelat, buah kering, keju. Sebisa mungkin hindari makan gorengan, karena makanan yang satu ini mengandung kolesterol yang tinggi dan juga minyak.

3. Menambah Kalori

Dalam mengonsumsi makanan, jika ingin cepat menambah berat badan Anda bisa menambah kalori pada makanan yang dikonsumsi. Jangan lupa pilih kalori yang sehat seperti menambahkan krim dan susu pada sup, menumis dengan mentega, atau tambahan keju parut pada roti.

4. Mengonsumsi Minuman Padat Nutrisi juga Kalori.

Selain makanan, minuman yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan yakni harus mengandung padat nutrisi juga kalori seperti smoothie atau milkshake dengan tambahan buah-buahan kesukaan dan susu. Dalam minuman yang dikonsumsi juga bisa ditambahkan kacang almond atau jenis kacang yang lainnya. Selain itu tetap mengonsumsi air putih yang cukup, ya!.

5. Melakukan Olahraga Rutin

Untuk menambah berat badan yang sehat dan juga aman maka selain makanan serta minuman yang diperhatikan lakukan pula olahraga secara rutin. Karena dengan berolahraga bisa membuat nafsu makan meningkat yang akan berefek kepada penambahan nutrisi dan kalori yang meningkat pula. Dengan berolahraga rutin, tubuh juga akan lebih banyak membentuk jaringan otot.

Itulah beberapa cara yang dapat dicoba utuk menambah berat badan yang sehat dan aman untuk memperoleh berat badan yang ideal.

Permasalahan untuk menambah berat badan juga bisa dialami oleh ibu hamil. Ibu hamil juga perlu memperhatikan berat badan yang ideal selama kehamilan. Jangan sampai berlebih atau kurang karena keduanya memiliki risiko bagi ibu dan janin. Berikut akan dibahas seputar penambahan berat badan pada ibu hamil

Menambah Berat Badan untuk Ibu Hamil

Tidak hanya wanita normal (tidak hamil) yang harus memperhatikan berat badan idealnya, tetapi ibu hamil pun juga harus memperhatikan asupan makanan supaya berat badan selama kehamilan tetap tekontrol. Untuk hal ini, dalam ilmu kesehatan pun ada cara untuk menghitung penambahan berat badan yang ideal bagi ibu hamil. Rumusnya sebagai berikut :

BMI = Berat Sebelum Hamil (Kg) : [(tinggi x tinggi (m)]

Dengan ketentuan :

BMI                      Kenaikan Badan Ideal

<18,5                     12-18 Kg
19-24                     11-16 Kg
25-29                     7-11 Kg
>29                         5-9 Kg
Dengan mengetahui penambahan berat badan yang ideal, maka ibu hamil bisa mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga menghindari obesitas atau kurangnya berat badan.

Dari pengalaman yang saya dapatkan, banyak sekali pendapat yang berbeda-beda mengenai asupan makanan, padahal sama-sama nakes. Saya pernah datang ke bidan A, kebetulan yang menanganinya bukan bidan yang tertera di poster klinik, entah itu asistennya atau itu bidan muda. Dia berkata, ibu hamil makannya bebas. Apa saja boleh, asalkan tidak berlebihan.

Kemudian datang ke bidan B, yang memberikan saran bahwa makanannya dikontrol tetapi jika sesekali ingin minum kopi atau makan mie, boleh satu pekan sekali sebagai reward.

Datang ke bidan C benar-benar dikontrol, tidak boleh jajan sembarangan bahkan dibuatkan daftar di selembar kertas terkait makanan yang tidak boleh dimakan.

Kemudian datang ke SPOG, beda lagi pendapatnya. Boleh ngemil apa pun asalkan dengan catatan makanan pokoknya sudah terpenuhi. Nah, bumil bingung, kan? Jadi menurut saya, kesimpulannya adalah tetap memakan makanan yang sehat. Terutama buah dan sayur jangan terlewat setiap harinya terlebih bagi ibu hamil. Hal ini dilakukan supaya selama kehamilan tidak mengalami sembelit.
Berat badan ibu hamil


Lalu, bagaimana dengan cara menambahkan berat badan untuk ibu hamil?

Jawabannya adalah sama saja seperti cara di atas. Tetapi ada beberapa tambahan yakni perbanyak minum susu, jangan lupa selalu membawa cemilan sehat karena ibu hamil tidak boleh kosong perutnya melebihi dua jam tentu saja kecuali saat tidur, ya. Jangan lupa pula minum suplemen tambahan juga vitamin.

Setidaknya itu yang bisa saya bagikan tentang cara menaikkan berat badan yang ideal baik untuk ibu hamil atau tidak. Semoga bisa membantu bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan dengan aman dan sehat tentunya. Tetap semangat, ya!.

Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

33 comments

  1. Susu sangat bermanfaat tapi kalau sudah dewasa apalagi usia 40 plus seperti saya susu rendah lemak dan plain.

    Jadi inget pas saya hamil.dulu tidak minum vitamin selama konsumsi makanan saya 4 sehat 5 sempurna komplit pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya bun. Kalau udah 40an mah susunya pilih-pilih juga

      Delete
  2. Jadi perempuan mmg kadang aga2 ribet, yaa, apa maunya. Aku jg sama sih, pinginnya punya badan ideal, padat berisi tapi perutnya langsing. Hihi. Thankyou for sharing, ka.

    ReplyDelete
  3. Kalau udah punya berat badan ideal, menjaganya pun cukup repot,
    Apalagi jika udah diajak traveling bareng keluarga, auto rusaaak 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilemanya wanita ya, mbak. Pengen makan banyak tapi tetap ideal. Hihi

      Delete
  4. Pandemi ini aku Alhamdulillah bisa menurunkan BB, tapi karena asal ngurangin makan jadinya sempat lemas banget, menjaga kesehatan pas nurunin BB perlu banget

    ReplyDelete
  5. Aku banget deh mbak. Susaaah naikin berat badan. Tapi alhamdulillah, selama pandemi berat badanku naik. Apalagi ada WFH (work from home), efeknya luar biasa jadi "ndut" hehe. Tapi harus banyak olahraga juga sih, biar gemuknya seimbang 💪

    ReplyDelete
  6. Memang lagi gemukin badan nih. Pas baca artikel ini jadi terkonfirm langkah saya udah bener. Makanan bernutrisi, berkalori. Kebetulan juga penyuka keju. Tinggal porsi olah raga yang kudu ditambah.

    ReplyDelete
  7. Artikelnya pas banget buat aku nih mba, aku orang yang susah gemuk mau makan sebanyak apapun badan tetap segitu-gitu aja tapi alhamdulillah sehat. Makasih udah berbagi mba.

    ReplyDelete
  8. Saya kalo hamil, berat badan nambah sih tpai nambahnya cm di bagian perut sampai paha wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Suka pengen deh kayak temen2 yang bisa makan banyak tapi berat badannya segitu-gitu aja. Soalnya saya suka banget nyemil 😂

    ReplyDelete
  10. Wah, ini cook waktu saya masih sekolah dulu. Kalau sekarang BB malah meningkat tajam. Tapi kalau dirasa hidup jadi perempuan itu memang banyak tantangan, gemukan salah kecil pun jadi sasaran bully.

    ReplyDelete
  11. kalau cara menambah berat badannya sehat begini sih memang bermanfaat sekali ya untuk kesehatan, beda hal nya kalau menambah berat badannya lewat junk food.

    ReplyDelete
  12. Olahraga rutin nih yang masih jadi PR besar. Rutinitas domestik di rumah yg ga ada habisnya malah bikin mager kemana-mana, buat olahraga misalnya, wkwkwk 😀.

    ReplyDelete
  13. Cocok buat yang pingin nambah BB nih.
    Ditunggu tips menurunkan berat badan, ya mb. Saya susah turun BB, ni 😘😘

    ReplyDelete
  14. Suka banget tulisannya cara menambah berat badan sayangnya saya perlu cara diet yang tepat untuk sekarang 🙃

    ReplyDelete
  15. Wah ilmu baru banget buat diriku yang tidak pernah memperhatikan masalah berat badan ideal..

    ReplyDelete
  16. Makasih tips nya mbak.. sepertinya berat badan saya harus di tambah nih.. ☺

    ReplyDelete
  17. Jarang-jarang loh ada tips menggemukkan badan, biasanya melangsingkan tubuh. Top deh kak

    ReplyDelete
  18. Baru tahu...kalau akan menambah berat badan, harus olahraga juga. Terimakasih ilmunya.

    ReplyDelete
  19. Terima kasih sharingnya Mb. Sejak SMA berat badan saya 37. Baru naik di angka 52 kg setelah hamil.
    Dan setelah melahirkan sampai sekarang, berat badan di angka 40.

    Awalnya bingung, mau naikkan BB mb, udah pakai cara minum susu tiap hari, tapi masih tetap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaaa.. kok kita hampir mirip kasusnya 😌 kudu naikin BB apalagi masa menyusui

      Delete
  20. Ya Alloh. Aku minum air putih sama lihat gambar sate aja berat badan udah naik. Sedih. Eh malah curhat

    ReplyDelete
  21. Saya susah bangat bisa punya berat badan ideal, timbangannya nganan melulu he he.
    Ditunggu tips nurunin berat badan ya mba..

    ReplyDelete
  22. wah saya berat badannya dari dulu 53-55 terus, tapi terlihat lebih kecil dibanding teman-teman yang berat badannya sama, nyobain minum vitamin juga sama aja makannya segitu aja

    ReplyDelete
  23. Udah naik berapa kilo bumil? Aku mau turunin tapi males olahraga wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru naik 8 kilo padahal di suruh naiknya 15 kilo wkwkwk.

      Ayo mbak saki semangat olahraganya. Nyampe di ideal aja yang penting.

      Delete
  24. Aku ingin nurunin berat badan tapi apa dayaku, lapar teros...

    ReplyDelete
  25. Saya langsung hitung-hitung tinggi n berat badan nih. Dan hasilnya ... hiks. Haha.

    ReplyDelete
  26. Sya ideal kak. Tapi keliatannya kurusan hahaha. Pengen gemuk jg ternyata susah jg buat naikin berat badan.

    ReplyDelete
  27. Saat ngitung BB ideal, iyuh. kelebihan 5kg, wkwkkwkk. Tapi kan ada beberapa cara lain * masih ngeyel kalau tubuhnya ideal. wkkwk. Asyik tulisannya mbak. makasih yaa

    ReplyDelete

Post a Comment