Ruang Inspirasi

7 Makanan Korea Halal : Samjang Steak Menyediakan Menunya

31 comments
Makanan Korea belakangan ini banyak sekali dicari bagi pecinta drama Korea. Di Indonesia sendiri mulai berdiri dan menjamur restoran-restoran yang menyajikan makanan Korea. Karena masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, mestilah yang dicari adalah makanan Korea halal. kehalalan yang sudah dipastika oleh MUI supaya tidak ada rasa was-was saat menikmati makanan Korea tersebut.

Berikut saya akan mengulas sedikit nama makanan Korea yang halal dan juga cukup terkenal di Indonesia. Memang, para pembuat film atau drama Korea dalam berbagai genre sukses memperkanalkan makanan khas yang ada di Korea. Tidak hanya itu, terkadang dalam film atau drama Korea juga berhasil mengenalkan budaya Korea melalui film. Keren, bukan?. Nah, kembali ke makanan. Di bawah ini pasti nama makanannya tidak asing bagi pecinta drama atau film Korea.

Makanan korea halal ada di samjang steak

7 Nama Makanan Korea Halal dan Terkenal

Banyak sekali makanan Korea yang menurut saya sangat sulit untuk diucapkan nama makanannya. Tetapi 7 nama makanan Korea halal berikut tidaklah begitu sulit untu diucapkan dan juga cukup terkenal di Indonesia.

1. Tteokbokki (Topokki)

Tteobokki (Topokki) adalah makanan yang sering saya dengar dari mulut teman dekat yang begitu fanatik dengan segala hal terkait Korea. Termasuk hobi nonton film dan dramanya.

Makanan ini terbuat dari tepung beras, yang dibuat dengan bentuk silinder dengan ukurannya yang lebih pendek. Makanan ini biasa disajikan dengan kuah rasa pedas manis (gochujang). Tekstur dari makanan ini pun kenyal. Kalau di Indonesia mungkin serupa dengan cireng (aci digoreng), hihi.

2. Kimchi

Makanan yang sering disebut oleh kawan saya berikutnya adalah kimchi. Kimchi merupakan jenis makanan asinan orang korea yang terbuat dari kubis yang sudah difermentasi dan disajikan dengan saus asam pedas.

3. Ramyeon (Ramen)

Ramyeon atau kalau lidah orang Indonesia menyebutnya ramen. Olahan Mie yang sudah sangat mendunia asal korea yang biasanya disajikan dengan aneka bumbu dan disajikan dengan kuah pedas pada umumnya. Ramyeon ini adalah makanan Korea yang sering saya makan. 

4. Bibimbap

Bibimbap adalah jenis makanan yang disajikan dalam mangkuk dengan isian nasi, sayuran, daging dan telur pada bagian tengah. Makanan yang sebenarnya Indonesia banget, bukan?.

5. Kimbap

Sajian kimbap mirip seperti sushi yakni nasi yang diberi bumbu minyak wijen kemudian digulung dengan rumput laut dengan aneka macam isian didalamnya seperti daging sapi dan sayur.

6. Jajangmyeon

Makanan ini berupa mie yang memiliki tekstur kenyal, disajikan dengan saus kedelai hitam yang membuatnya khas dilengkapi dengan sayur dan juga potongan daging sapi.

7. Miyeok Guk (Sup Rumput Laut)

Jenis makanan yang biasa disajikan saat perayaan ulang tahun (menurut salah satu drama yang pernah saya tonton). Terbuat dari rumput laut kering yang disajikan dengan kuah kaldu ikan atau kaldu sapi dengan tambahan bumbu minyak wijen, garam, kecap dan bawang putih.

Makanan Korea Halal Bandung

Seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya, bahwa makanan Korea sedang menjamur di Indonesia tidak terkecuali di Bandung. Di Bandung, banyak sekali deretan restoran atau tempat makan Korea dengan berbagai macam menu.

Makanan korea halal samjang steak salah satunya

Namun, sebagai seorang muslim, haruslah berhati-hati dalam memilih makanan Korea halal. Apalagi di Bandung ternyata ada juga resto yang menyajikan daging babi. Oleh karenanya perlu ketelitian dalam memilih makanan asing. Karena terkadang kita tidak paham dengan nama menu yang ada.

Meskipun di Bandung ada resto yang menyajikan daging babi pada menu makanannya, saya tidak perlu takut dan khawatir. Karena jumlah yang menyajikan makanan halal terutama makanan Korea masih banyak.

Untuk mencari aman, biasanya saya mampir ke restoran ramen (ramyeon). Tetapi beberapa pekan yang lalu saya mencoba mampir ke tempat makan Samjang Steak. Penasaran, makanan Korea apa yang terdapat di dalamnya. Dan ternyata kesan pertama saat saya memasuki resto cukup membuat interest.

Samjang Steak Salah Satu Resto Makanan Korea di Bandung

Resotan Samjang Steak yang saya kunjungi berada di daerah dekat kampus, yakni Universitas Pendidikan Indonesia tepatnya di jalan Geger Kalong. Samjang Steak hadir dan melakukan soft opening pada Maret 2021. Restoran yang masih tergolong kedalam restoran baru, ya.

Menu minuman samjang steak

Meskipun demikian, resto ini tidak pernah sepi pengunjung. Untuk menunggu makanan datang setelah dipesan pun tidak begitu lama. Hal ini membuat saya cukup senang karena tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati makanan yang sudah dipesan.

Cabang resto samjang steak

Samjang Steak yang merupakan salah satu restoran makanan Korea di Bandung ternyata ada di beberapa tempat. Pertama yang saya ketahui adalah yang berada di jalan Gegerkalong, tepatnya berada di Gegerkalong Girang no.83. Lokasi yang kedua, berada di jalan raya Jatinangor no. 188 dan lokasi yang ketiga berada di jalan Grand Hotel no.36

Lokasinya sudah cukup banyak, bukan?. Restoran ala Korea yang ada di Bandung dengan beragam menu dan salah satu menunya adalah makanan Korea halal yang saya sebutkan di atas.
Menu yang terdapat di samjang steak

Menu Samjang Steak

Menu yang ada di Samjang Steak dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau dengan rasa yang mewah di lidah. Saat saya mampir kesana bersama suami, kami memilih menu Samjang Gimhae Sausage dan Wedges Chicken Slice. Untuk kali kedua, kami memesan Wedges Gwangju Sausage dan Samjang Chicken Slice.

Semua makanan utama yang saya pesan diberikan pilihan saus. Ada tiga pilihan saus sebagai pelengkap menu dengan tingkatan level 1 sampai 5. Pilihan saus yang tersedia ada saus blackpaper, saus mashroom dan saus banzai.

Saya memilih saus banzai level 1 dan ternyata, saus banzai ini merupakan saus pedas. Bagi pecinta pedas saus ni benar-benar saya rekomendasikan. Sedangkan suami memilih saus blackpaper, saus yang tidak terlalu pedas tetapi membuat hangat perut begitu kata suami.

Menu minuman yang ada di Samjang Steak cukup unik dan variatif. Saya dan suami sudah berkesempatan mencicipi minuman Blue Curacao Frape, Macadamia Frape, Ice Tea Lechy, dan teh hangat. Rasa dari minuman Blue Curacao ini unik karena terbuat dari gula merah tetapi tidak begitu terasa juga terdapat smoothies di dalamnya. Rasanya manis, lembut dan segar.

Makanan yang dipesan di samjang steak

Dari pesanan yang dipilih oleh suami dan saya, rasa makananya enak. Sebanding dengan harga yang dibayar. Untuk lebih lengkap melihat pilihan menunya, bisa kunjungi langsung di Instagram Samjang Steak-nya.

Suasana Resto Samjang Steak

Suasana resto ini cukup menenangkan. Dengan pilihan kursi duduk ataupun lesehan. Ditambah diputarkan lagu-lagu juga dekorasi ala Korea membuat kesan dan suasana Korea sedikit terasa meskipun saya belum pernah ke Korea, tetapi saya cukup bisa membayangkan saat berada di resto ini. Hihi

Samjang steak yang berada di Gegerkalong memiliki ruangan dua lantai dilengkapi dengan toilet dan juga musola yang terdapat di lantai dua. So, ketika nongkrong di sini berlama-lama tidak perlu khawatir dan bingung untuk sholat di mana. Untuk lahan parkir pun tersedia, tetaoi untuk yang membawa kendaraan mobil cukup susah parkir.

Selain itu, Samjang Steak juga menyediakan wifi gratis yang kecepatannya cukup kuat menurut saya. Di tempat duduk pun terdapat banyak stop kontak. Buat para mahasiswa yang mau mengerjakan tugas baik berkelompok ataupun sendiri, tempat ini cocok banget pokoknya.

Suasana samjang steak

7 Makanan Korea halal yang saya sebutkan di atas, patut banget deh, kalian coba. Nah di Samjang Steak menyediakan menu topokki jika Anda ingin mencoba makanan Korea yang saya sebutkan di atas. Oh ya, pelayanan dan protokol kesehatan di Samjang Steak juga baik ya. Sebelum masuk harus cek-in melalui peduli lindungi dan cek suhu, serta disediakan pula tempat cuci tangan. Di kondisi seperti saat ini, memang harus tetap sehat dan kenyang, ya. Supaya imun meningkat. Selamat mencoba!
Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

31 comments

  1. Makanan korea memang lagi viral viralnya ya...nggak cuma di resto aja...di indomaret pun bisa mudah dibeli...teobokki aku pernah nyoba yang bungkusnya merah merona...rasanya? Kayak kanji kenyal kenyal

    ReplyDelete
  2. Tetiba makan siang ini pengenny makanan korea, tanggung jawab deh mba. Hihihi.
    Akhir-akhir ini memang semakin menjamur bisnis kuliner makanan korea, bahkan di tempat saya sudah ada yang jualan hotteok lho. Udah pernah coba belum mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... mbaknya daerah mana? Aku blum nyoba kayaknya hotteok. Pernh nyoba kimchi. Tapi rasanya aneh kata aku. Wkwkwk

      Delete
  3. suasana nya udah korea banget ya mba, btw harganya gimana mba? pricey atau terjangkau....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terjangkau mbak... masih ada yg harganya belasan ribu 😁

      Delete
  4. Menu yang disebutkan kakak itu emang wajib coba semua sih. Soalnya itu udh biasa disebutin pas di drakor/acara korea-an di dunia maya.

    Wah pas banget tuh minggu depan mau ke Bandung. Jadi pgn kulineran ke Samjang Steak ahhh..Apalagi restorannya halal. Wajib dicoba nih.

    ReplyDelete
  5. Para penggemar drama korea pastinya sudah tidak asing lagi dengan tujuh makanan tersebut. Favorit saya masih ramen, sih. 🤭 Eh, ramen itu asalnya dari Korea atau Jepang, sih? Kan makanan kesukaannya Naruto, tuh. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya... kemarin juga sempat mikirin ini. Tapi di drakor juga sering banget di sounding si ramen ini hahaha

      Delete
  6. Kalau di perhatikan makanan korea identik dgn pedas ya

    ReplyDelete
  7. Yaallah perut saya kok tiba-tiba langsung bunyi ya😅 makanan favorit semua ini maahhhh, tim suka pedas wajib nyobain

    ReplyDelete
  8. Kalo diamati makanan Korea ga jauh-jauh amat dari makanan Indonesia. Pantas saja banyak orang yang senang menikmati masakan Korea

    ReplyDelete
  9. Dari 7 menu makanan Korea yang disebutkan diatas, lima diantaranya sudah pernah saya coba. Yang jadi favorit saya so far Kimchi sama Topokki. menurut saya kimchi enak banget kalo dimakan sama nasi putih anget atau mie goreng. Kalo topokki pas banget buat nemenin nonton drakor. Dan tuk nomor enam sama nomor tujuh belum pernah saya coba. Kayaknya perlu dicoba sekalian mampir ke Samjang steak nih hehe

    ReplyDelete
  10. Terima kasih kakak info menu korea yang Halal. Jadi ikutan laperr apalagi disini mendung dr subuh hujan jadi udara masih dingin enaak nih bawaannya laferrr

    ReplyDelete
  11. Nyaman banget ya tempatnya bisa sekaligus drakoran nih sambil cobain makanan khas koreanya. Sapa tahu lebih berasa feelnya pas ngelahap.

    ReplyDelete
  12. Duuh menggiurkan. Ini cuma ada di Bandung ya? Plis atuh buka cabang di kota hehe. Nice review mak 😘

    ReplyDelete
  13. Enaknyaaa, jadi pengen nyobain ramen dan kimbap. Apalagi pakai saus banzai. Kayak gimana ya rasanya? Hmm... masuk list untuk liburan nanti nih 😍👍

    ReplyDelete
  14. Nah klo ada info makanan Korea yg halal kayak gini kan jadi tenang ya mau icip2. Tempatnya juga cukup nyaman. Boleh dech kesini kapan2, aku kan di Bandung. 😁

    ReplyDelete
  15. jatinangor mah deket lah teh, bisa kesana sama ank-anak sekalian mengenang memori kuliah di nangor, hehehe. aku belum pernah nyobain makanan korea, kenyang nontonnya di drakor! wkwkwkwk

    ReplyDelete
  16. Nama resto nya Samjang Steak jual steak juga kah? Kalau titik kritis makanan korea di bagian apa ya mbak? Aku masih belum ngeh. Tapi so far ya pesennya paling ya toppoki atau ramen tadi

    ReplyDelete
  17. Ini bisa jadi referensi aku kalo main ke Bandung mba.

    Beberapa jenis makanan Korea memang menggiurkan, tapi sayang beberapa belum halal karena menggunakan bahan baku dan bahan pendukung masakan yang belum halal

    ReplyDelete
  18. wih samjang steak baru denger, kalau makan korea aku sukanyany kimbab sama toppoki mbak. serasa makan cilok korea, eaaa

    ReplyDelete
  19. Nama-nama makanan Korea yang disebutkan memang halal dari segi bahan, tapi kadang dibuat di restoran Korea yang juga menyediakan menu tidak halal. Jadi kehalalan suatu menu halal kadang kembali seperti apa restonya. Syukurlah ada resto seperti Samjang Steak yang halal secara keseluruhan. Menikmati makanan Korea jadi tenang ya :)

    ReplyDelete
  20. Sejak senang nonton drama Korea, jadi pengen nyobain makanan Korea juga
    Tapi emang harus pilah pilih, cari yg halal tentunya
    Seperti Samjang Steak ini

    ReplyDelete
  21. Duh,jadi lapar dan pengin nyobaim makanan Korea lagi. Blm pernah nyobain sup rumput laut sm kimbap. Yg lain kayak topokki ramyeon, bibimbap sm kimchi udah pernah. Dan cuma kimchi yg masih kurang sreg sama rasanya.

    ReplyDelete
  22. Aku seneng nonton drakor tapi belum pernah nyobain makanan korea, huhu

    Soalnya di sini kampung, jadi jauh banget kalau mau ke resto korea harus ke solo. Nggak kuat deh kalau ke solo kalau nggak penting-penting banget.

    ReplyDelete
  23. Jadi inget waktu daku sama para sohib makan Tteobokki kepedesan, gegara temen daku mesennya level tinggi haha.
    Tapi seger sih pedesnya.

    ReplyDelete
  24. Cari-cari menu korea halal nemu ini.. makasi mba penjelasannya ^^ sekarang udah ga takut lagi makan makanana korea

    ReplyDelete
  25. Iya betul sih, kalau mau makan makanan korea tuh kadang agak was-was, khawatir kalau ternyata ada daging babinya. Tapi setelah membaca tulisan ini, saya jadi punya variasi kulineran khas koreaa yg halal jika lagi di bandung.

    Utk makanan korea, saya sangat suka topoki dan kimbap, enak bgt itu.

    ReplyDelete
  26. Lihat fotonya udah bikin ngiler nih..dari daftar itu aku banyak juga ya yang belum ngerasain. Kimchi sama sup rumput laut itu aku aja belum ��

    ReplyDelete
  27. Nyari makanan Korea yang halal dulu tu susah banget. Apalagi di kota besar. Pas baca detail komposisinya, meskipun no pork, tapi pakai bahan lainnya seperti amer.

    Nah, sekarang kalau ke Bandung, pengen makanan Korea gak begitu was-was karena ada Samjang Steak ini.

    ReplyDelete

Post a Comment