Ruang Inspirasi

PECINTA PEDAS, SUDAHKAH MENGETAHUI TENTANG CABAI HIYUNG YANG MEMILIKI CITA RASA PEDAS YANG KHAS

Post a Comment
cabai hiyung sambal ABC
sumber : https://plus.kapanlagi.com

Makan tidak menggunakan sambal bagi orang Indonesia sudah seperti masak sayur yang kurang garam, ya, nggak? Sambal merupakan menu pelengkap dalam hidangan menu utama. Konon sambal juga dapat meningkatkan nafsu makan. Namun, sudah tahukah bahwa Indonesia memiliki cita rasa pedas khas yang berasal dari Cabai Hiyung. Kenalan lebih dekat dengan Cabai Hiyung, yuk!.

Histori dan Keautentikan Cabai Hiyung

Bermula dari pak M. Khalilurrahman masyarakat setempat mengenalnya dengan nama pak Barjo yang membawa sebuah bibit cabai di tahun 1993 dari desa Linuh yang kemudian ditanam di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin, Kalimantan Selatan. Cabai Hiyung yang dikenal dengan nama latin Capsicum Frutescnes ternyata sudah terdaftar sebagai variates tanaman lokal khas daerah Tapin pada April 2012 nomor pendaftaran 09/PLV/2012.

Cabai Hiyung merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh secara maksimal jika ditanam di rawa lebak dan akan memiliki tingkat kepedasan mencapai 94.500 ppm lebih pedas dari cabai biasa. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di laboratorium pengujian Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen, Kementrian Pertanian.

Kini 99% penduduk Desa Hiyung mengendalikan perekonomiannya melalui tanaman cabai ini. Tercatat sebanyak 329 KK dengan rincian seluas 116 hektar dimiliki 11 kelompok tani yang melibatkan 300 KK ditambah dengan milik petani mandiri sebesar 140 hektar.

Dengan adanya data di atas, jelas bahwa Cabai Hiyung dirawat dan dipetik dengan penuh hati oleh petani di Kalimantan Selatan. Sehingga keotentikannya bisa dipastikan terjaga dan tentunya menjadikannya cabai kualitas terbaik yang ada di Indonesia.

Cita Rasa Pedas Khas Cabai Hiyung Menjadi Salah Satu Rahasia Kelezatan Sambal ABC

Sambal ABC Hiyung
sumber : https://hiyung.gides.id/
Pecinta pedas mungkin selama ini belum mengetahui kenapa Sambal ABC begitu nikmat dan selalu pas di lidah masyarakat Indonesia. Sehingga menjadikan Sambal ABC bukan sambal biasa dan menjadikannya sambal terbaik yang cocok dengan makanan apa pun. Ternyata Cabai Hiyung-lah yang terdapat di dalamnya dan menjadi salah satu rahasia dibalik kelezatan Sambal ABC ini.

Cita rasa pedasnya memang khas, khas Sambal ABC. Hal ini juga yang menjadikan masyarakat Indonesia banyak yang memilih Sambal ABC sebagai sambal praktis yang siap saji dan bisa langsung dihidangkan.

Sambal ABC juga memiliki 5 varian rasa yang cocok dihidangkan dengan makanan apa pun. 5 varian rasa tersebut adalah Sambal Ekstra Pedas, Sambal Asli, Sambal Manis Pedas, Sambal Ayam Goreng, dan Sambal Bawang Pedas. Varian rasa yang lengkap untuk memenuhi selera pedas lidah masyarakat Indonesia.

Jika ingin menikmati semua varian rasa Sambal ABC tidak perlu bingung atau ragu lagi, buat lebih detailnya kamu bisa klik link berikut ini untuk info selanjutnya. Karena Sambal ABC ini mudah ditemukan di toko terdekat ataupun di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli.. Sambal ABC juga bisa dibeli di toko terdekat, selain online.

Jadi tunggu apalagi, beli sekarang dan tentukan pilihan rasa pedasmu. My spice my way!

Maftuha
Seorang istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq yang saat ini aktif dalam dunia tulis menulis. Menerima job content writer lepas, sudah menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" juga belasan antologi lainnya. Penyuka buku motivasi juga psikologi yang hobi nongkrong di tempat makan untuk merefreshkan pikiran.

Related Posts

Post a Comment